Pengembangan model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas / Dwi Bhakti Indri M.</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas / Dwi Bhakti Indri M.</p>

M., Dwi Bhakti Indri (2022) Pengembangan model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas / Dwi Bhakti Indri M.</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil identifikasi prokrastinasi akademik yang tinggi pada siswa Sekolah Menengah Atas dan berdampak kurang baik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu implementasi layanan konseling kelompok yang bersifat konvensional termasuk belum ada yang mengintegrasikan unsur budaya dalam layanan konseling kelompok. Dalam hal ini nilai serat dewa ruci akan diintegrasikan ke dalam konseling kelompok kognitif perilaku. Nilai serat dewa ruci merupakan salah satu alternatif dalam menangani prokrastinasi akademik yang tinggi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci yang berterima secara teoritik (2) menghasilkan model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci yang berterima secara praktis dan (3) menghasilkan model model konseling kelompok kognitif perilaku dengan cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci yang efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian Borg amp Gall yang terdiri dari 10 tahap yakni (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan desain awal (4) uji ahli (5) revisi produk (6) uji lapangan awal (7) revisi produk (8) uji lapangan utama (9) revisi produk) dan (10) desiminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian dan PASS. Pada proses validasi produk peneliti melibatkan ahli substansi ahli budaya ahli media dan calon pengguna produk. Sedangkan pada uji lapangan peneliti melibatkan delapan siswa (pada instansi pendidikan lain) untuk uji lapangan awal dan melibatkan delapan siswa untuk uji lapangan utama. Selanjutnya pada tahap desiminasi produk peneliti melibatkan 63 guru BK. Analisis data validasi produk menggunakan Aiken sedangkan analisis data uji keefektifan menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa (1) model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci dapat diterima secara teoretik (2) konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci dapat diterima secara praktis dan (3) model model konseling kelompok kognitif perilaku dengan strategi cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci efektif digunakan untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa. Terkait dengan saran guru BK sebaiknya melakukan identifikasi masalah tentang prokrastinasi akademik sekaligus mengimplementasikan model cognitive restructuring bermuatan nilai serat dewa ruci. Peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian eksperimen pada populasi yang lebih luas. Sedangkan untuk guru BK (konselor) dapat menggunakan produk pengembangan sebagai pendukung layanan konseling. Selain itu bagi guru BK (konselor) dapat melakukan identifikasi prokrastinasi akademik lebih awal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364993

Actions (login required)

View Item View Item