Pengembangan metode play therapy media damar kurung perspektif kipas untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia dini / Riyadlotus Sholichah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan metode play therapy media damar kurung perspektif kipas untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia dini / Riyadlotus Sholichah</p>

Sholichah, Riyadlotus (2022) Pengembangan metode play therapy media damar kurung perspektif kipas untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia dini / Riyadlotus Sholichah</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecemasan berkomunikasi (communication apprehension) merupakan salah satu penyebab menurunnya kecakapan komunikasi seorang anak. minimnya keberanian anak dalam menyampaikan pendapat dan mengenal perasaannya sendiri juga akan mepengaruhi perilaku dan kepribadian anak dalam beraktivitas dan menghadapi berbagai masalah komunikasi. Perilaku ini juga akan terbawa saat anak tumbuh dewasa. Padahal kemampuan berkomunikasi saat dewasa menjadi keharusan. Anak akan canggung dalam berkomunikasi dengan orang lain baik secara individu ataupun dalam komunitas. Oleh sebab itu diperlukan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini dengan salah satunya adalah menurunkan tingkat kecemasan berkomunikasi anak melalui Metode Play Therapy Media Damar Kurung untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia dini. Tujuan dari Penelitian ini adalah Menghasilkan Metode Play Therapy Media Damar Kurung Persepektif KIPAS untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia dini yang berterima dari segi ketepatan kegunaan kepraktisan dan keefektifan secara format dan konten. Metode penelitian yang digunakan adalah meode research and development oleh Borg and Gall melalui 10 tahapan 1) Penelitian awal dan pengumpulan informasi analisis kebutuhan studi literatur relevan dengan penelitian sampai menemukan masalah yang akan diselesaikan 2) Perencanaan merumuskan tujuan pengembangan 3) Pengembangan model hipotetik 4) Penelaahan model hipotetik 5) Revisi 6) Uji coba terbatas 7) Revisi hasil uji coba 8) Uji coba lebih luas 9) Revisi produk akhir 10) Deseminasi dan implementasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk uji ahli adalah skala aksepbilitas yang diadaptasi dari indikator evaluasi program dan disusun oleh OECD (2009) kemudian dianalisis melalui Aikens V model. Uji ahli dalam penelitian ini terdiri terdiri atas enam orang yaitu 2 orang yang merupakan ahli di bidang konseling dua orang merupakan ahli media anak dan dua orang ahli budaya. Uji pengguna menggunakan 3 anak sebagai subyek dengan Instrumen yang digunakan untuk mengungkap kegunaan (efficiency) kejelasan (relevance) kelayakan (effectiveness) dan ketepatan model (impact). Uji efektiviras kecemasan berkomunikasi (kecemasan berkomunikasi) dengan menggunakan rancangan desain experimental design berupa one-group pretest-posttest design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis metode analisa The Wilcoxon Signed-rank test Hasil penelitian adalah sebagai berikut Metode Play Therapy Media Damar Kurung Perspektif KIPAS yang dikembangkan secara konstruktif telah memenuhi kriteria akseptabilitas menurut penilaian ahli dalam mereduksi kecemasan berkomunikasi Anak Usia Dini Metode Play Therapy Media Damar Kurung Persepektif KIPAS yang dikembangkan secara konstruktif telah memenuhi kriteria akseptabilitas menurut penilaian calon pengguna dalam mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia Dini dan Metode Play Therapy Media Damar Kurung Persepektif KIPAS yang dikembangkan secara konstruktif terbukti efektif dan mampu mereduksi kecemasan berkomunikasi anak usia Dini. Berdasarkan hasil penelitian maka saran dalam penelitian ini adalah bagi guru paud hendaknya memperhatikan komunikasi pada anak dan segera memberikan penganganan khusus ketika anak mengalami kecemasan berkomunikasi dan bagi peneliti selanjutnya bahwa Play Therapy bisa digunakan pada anak usia dini dengan memasukkan unsur budaya dan budaya yang digunakan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Dan pada penelitian selanjutnya tidak hanya menggunakan kecemasan berkomunikasi pada anak namun bisa disesuaikan dengan permasalahan yang sedang dihadapi Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364991

Actions (login required)

View Item View Item