Pengembangan model bimbingan kedamaian bermuatan nilai pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa / Mardi Lestari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model bimbingan kedamaian bermuatan nilai pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa / Mardi Lestari</p>

Lestari, Mardi (2022) Pengembangan model bimbingan kedamaian bermuatan nilai pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa / Mardi Lestari</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari Mardi. 2021. Pengembangan Model Bimbingan Kedamaian Bermuatan Nilai Pappaseng untuk Mereduksi Perilaku Agresi Mahasiswa. Disertasi Program Studi Doktor Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M. Si. M. Ed. (II) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. (III) Prof. Dr. IM. Hambali M. Pd. Kata kunci bimbingan kedamaian mahasiswa kota Makassar nilai pappaseng perilaku agresi. Perilaku kekerasan yang terjadi di perguruan tinggi Kota Makassar merupakan sebuah fenomena negatif yang perlu mendapat penanganan khusus saat ini. Upaya untuk meminimalisir perilaku agresi mahasiswa dapat melalui layanan bimbingan dan konseling. Kerangka kerja bimbingan kedamaian pappaseng (nilai lokal suku bugis) dapat menjadi salah satu upaya penanganan yang praktis oleh konselor pada unit bimbingan dan konseling di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan bimbingan kedamaian pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Prosedur penelitian ini mengikuti tahap kerja kegiatan model pengembangan ADDIE. Tahapan kerja ADDIE pada penelitian ini tersusun mulai dari tahap analisis tahap desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Pengujian kevalidan konstruk diperoleh berdasarkan penilaian ahli menggunakan skala akseptabilitas panduan pengujian kepraktisan panduan diperoleh berdasarkan penilaian konselor pada unit bimbingan di perguruan tinggi sebagai pengguna dengan menggunakan instrumen penilaian konselor. Data hasil penilaian kevalidan dan kepraktisan panduan dianalisis menggunakan formula Aiken rsquo s V. Pelaksanaan uji coba skala kelompok kecil (uji coba terbatas) bimbingan kedamaian untuk mereduksi agresi mahasiswa ini menggunakan metode pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran umum kondisi perilaku agresi mahasiswa di Kota Makassar berada pada kategori sedang yang terlihat dari tingkat perilaku agresi yang di ukur menggunakan The Agresion Questionnare (BPAQ). 2) Desain prototipe produk penelitian ini dikemas dalam bentuk buku panduan yang memuat dua bagian yakni konsep dasar bimbingan kedamaian pappaseng dan desain aplikasi bimbingan kedamaian untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa di Kota Makassar. 3) Pengujian ahli terhadap konstruk dan kepraktisan panduan bimbingan kedamaian pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa analisis menggunakan formula Aiken rsquo s V terhadap penilaian kevalidan panduan yang telah di konstruk menunjukkan indeks kesepakatan ahli sebesar 0.91 dan berada pada kategori tinggi. Artinya panduan yang dikonstruk memiliki kevalidan yang tinggi sehingga layak untuk digunakan. 4) Pengujian pengguna (konselor di Perguruan tinggi) terhadap kepraktisan panduan bimbingan kedamaian pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa menujukkan indeks kesepakatan pengguna (konselor di Perguruan tinggi) sebesar 0.86 dan berada pada kategori tinggi (praktis). 5) Hasil analisis Pelaksanaan uji coba skala kelompok kecil (uji coba terbatas) yang dilakukan dengan desain deskriptif pretest-posttest control group design pada 48 orang mahasiswa di kota makassar (24 orang mahasiswa kelas eksperimen dan 24 orang mahasiswa kelas kontrol) menunjukkan adanya penurunan tingkat perilaku agresi yang signifikan yang dialami subjek sebelum dan setelah perlakuan bimbingan kedamaian pappaseng pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian panduan bimbingan kedamaian pappaseng untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan ujicoba terbatas sehingga layak dan dapat digunakan untuk mereduksi perilaku agresi mahasiswa di Kota Makassar. Hasil penelitian selanjutnya disarankan kepada konselor pada unit bimbingan di perguruan tinggi Kota Makassar untuk memanfaatkan panduan yang dikembangkan sebagai upaya preventif dan penekan perilaku agresi mahasiswa. Kepada peneliti selanjutnya disarankan melakukan uji coba kelompok kecil atau lapangan lanjutan untuk mengukur tingkat keefektifan panduan bimbingan kedamaian pappaseng mengembangkan kajian teoritis mengenai bimbingan kedamaian yang bermuatan nilai lokal khas budaya Indonesia yang dapat digunakan sebagai jalan mereduksi perilaku agresi melakukan peninjauan ulang dan penyesuaian terhadap karakteristik serta kebutuhan mahasiswa di daerah yang berbeda ataupun pada jenis dan jenjang pendidikan berbeda menyesuaikan topik dan materi bimbingan dengan kondisi sosial yang sedang terjadi sebagai akibat dari perilaku agresi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364976

Actions (login required)

View Item View Item