Laili, Tika Rohmatul (2024) Pengembangan video interaktif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar / Tika Rohmatul Laili</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Laili Tika Rohmatul 2024. Pengembangan Video Interaktif Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Zainuddin M. Pd. (II) Dr. Shirly Rizki Kusumaningrum. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Video Interaktif PBL Berpikir Kritis Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk menganalisis informasi memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Namun berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV di SD Islam Roudlatul Jannah siswa kelas IV masih belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang optimal khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode guru yang hanya menggunakan satu sumber belajar yaitu buku pelajaran terbatasnya media pembelajaran di sekolah kesulitan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan video interaktif dalam pembelajaran. Pembelajaran menggunakan video interaktif lebih interaktif menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video interaktif yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD dengan menggunakan model Lee dan Owens yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Roudlatul Jannah. Objek dalam penelitian ini adalah kualitas video interaktif untuk pembelajaran matematika yang dilihat dari hasil validitas kepraktisan dan keefektifan video interaktif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang meliputi observasi wawancara angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil validasi ahli media memperoleh nilai 95% (sangat valid) dan ahli materi memperoleh nilai 100% (sangat valid) 2) hasil angket respon siswa memperoleh nilai 96% (sangat praktis) dan hasil angket respon guru memperoleh nilai 100% (sangat praktis) 3) efektifitas e- modul dapat dilihat pada hasil perhitungan uji t dimana nilai sig adalah 0 00 lt 0 05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan video interaktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa video interaktif dengan model problem-based learning dinyatakan valid praktis dan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |