Sari, Ulum Rohma (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif smart apps creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi Kelas 4 SD / Ulum Rohma Sari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada zaman modern ini berkembang pesat. Teknologi mempengaruhi di berbagai bidang kehidupan salah satunya bidang pendidikan. Teknologi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Salah satu jenis teknologi pendidikan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran smart apps creator. Format yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu berbentuk aplikasi (apk) yang dapat diinstal pada handphone android maupun berbentuk (exe) yang dapat diinstal di laptop atau komputer dan berbentuk link html yang dapat dibuka pada jejaring internet dan tidak perlu diinstal pada handphone maupun laptop atau komputer. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menganalisis media pembelajaran interaktif smart apps creator pada materi kegiatan ekonomi kelas IV Sekolah Dasar dengan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R amp D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg and Gall yang memiliki tahapan pendahuluan perencanaan pengembangan draft awal uji kelayakan ahli uji coba kelompok kecil uji coba lapangan revisi dan penyempurnaan produk. Subjek penelitian pada kelas IV SD Gracia Nusantara School Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obervasi wawancara angket tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kevalidan kepraktisam dan keefektifan. Validasi yang dilakukan pada validasi terhadap media dan materi. Validasi media mendapatkan persentase 90% dengan kriteria ldquo Sangat Valid rdquo sedangkan validasi materi mendapat nilai persentase 84% dengan kriteria ldquo Valid rdquo . Hasil kepraktisan media ini memperoleh nilai rata-rata 94% dengan kriteria ldquo Sangat Praktis rdquo . Uji keefektifan ini memperoleh rata-rata skor pretest 79 4 dan rata-rata skor posttest 94 dari nilai maksimal 100. Perolehan hasil skor N-gain yang telah dihitung mendapatkan 0 67 dengan kategori ldquo Sedang rdquo tingkat keefektifannya. Maka media pembelajaran smart apps creator dinyatakan efektif dalam pembelajaran IPAS karena hasil belajar peserta didik menunjukkan terdapat peningkatan. Berdasarkan uraian diatas maka hasil Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Smart Apps Creator Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV Sekolah Dasar dikatakan valid praktis dan efektif digunakan dalam media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |