Ulfa, Agustina Miftachul (2024) Pengembangan multimedia interaktif berbantuan ispring untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi perpindahan panas pada siswa Kelas V Sekolah Dasar / Agustina Miftachul Ulfa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti serangkaian kegiatanpembelajaran disebut sebagai hasil belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V hasil belajar siswa dalam materi perpindahan panas masih jauh dari KKM dan antusiasme mereka dalam belajar pun rendah. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran untuk materi perpindahan panas bagi siswa sekolah dasar kelas V. Siswa harus memahami perpindahan panas sebuah konsep ilmiah dasar yang sering kali sulit dijelaskan melalui cara-cara konvensional. Dengan membuat ide ini lebih menarik dan mudah dipahami multimedia interaktif berupaya untuk meningkatkan danmenyederhanakan pemahaman siswa tentang konsep tersebut. Aplikasimultimedia dalam penelitian ini menggunakan kuis interaktif simulasi dananimasi untuk membantu pengguna memahami tiga bentuk perpindahan panas yang berbeda radiasi konveksi dan konduksi. Penelitian ini melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Kelompok kecil terdiri dari sepuluh siswa dan kelompok besar yang terdiri dari enam belas siswa. Melalui penggunaan tes angket wawancara dan observasi penelitian ini menelitikevalidan kepraktisan dan keefektifan multimedia interaktif. Multimediainteraktif tersebut memperoleh persentase sebesar 78 75% dari ahli materi 75% dari ahli media dan 90% dari pengguna dengan kategori valid. Berdasarkan uji homogenitas dan normalitas menunjukkan bahwa data tidak homogen namun normal oleh karena itu uji efektivitas menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil uji efektivitas menunjukkan hasil nilai sig 0 005 lt 0 05 yang artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pemahaman siswa terhadap materi perpindahan panas dapatditingkatkan melalui multimedia interaktif tersebut. Dengan persentase kepuasan sebesar 94 27% angket respons siswa juga menunjukkan sambutan yang baik. Diharapkan pengembangan multimedia interaktif ini dapat menjadi alternatif efektif dalam mengajarkan konsep konsep ilmu pengetahuan yang abstrak di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/364719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |