Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui satuan petugas anti bullying di SDN 3 Jatimulyo / Muhammad Aidi Noor Ihsan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui satuan petugas anti bullying di SDN 3 Jatimulyo / Muhammad Aidi Noor Ihsan</p>

Ihsan, Muhammad Aidi Noor (2024) Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui satuan petugas anti bullying di SDN 3 Jatimulyo / Muhammad Aidi Noor Ihsan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ihsan Muhammad Aidi Noor 2024. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Satuan Petugas Anti Bullying Di SDN 3 Jatimulyo. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Didik Sukriono. S.H. M.Hum. II Dr. Riska Pristiani S.Pd. M.Pd. Kata kunci Bullying Pendidikan karakter Satuan petugas anti bullying Profil pelajar pancasila Bullying merupakan permasalahan kompleks di sekolah dasar yang berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis dan sosial siswa. Data Programme for international students assessment (PISA) 2018 memaparkan 41% pernah menjadi korban bullying. Selain itu data asesmen nasional 2021 menunjukkan bahwa 24 4% siswa juga pernah mengalami korban bullying. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk bullying yang terjadi di sekolah (2) peran satuan petugas anti bullying terhadap penguatan pendidikan karakter dan (3) Hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data terdiri dari kepala sekolah guru penanggungjawab satuan petugas anti bullying dan beberapa siswa. Pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian mendeskripsikan (1) bentuk bullying yang paling sering dan umum ditemukan ejek mengejek hinaan atau gelaran. (2) Peran satuan petugas anti bullying seperti a. role model positif tugasnya mencakup menjaga gerbang kedatangan sekolah menjaga ketertiban barisan sewaktu upacara bendera membimbing siswa kelas rendah menuju kelasnya memimpin kamis budaya dan jumat religious b. mengawas lingkungan sekolah secara aktif pada jam istirahat dan c. mengakampanyekan anti bullying melalui nyanyian dan yel-yel. Tugas ini dilaksanakan secara aktif dengan penuh rasa tanggung jawab dan (3) Keterlibatan aktif satuan petugas anti bullying memberikan dampak dan lingkungan positif terhadap perubahan perilaku siswa seperti memperkuat nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Profil Pelajar Pancasila seperti gotong royong kemandirian dan keimanan. Pengintegrasian teknologi sebagai alat pendukung misalnya melalui pengembangan aplikasi pelaporan bullying anonym dan media edukasi interaktif bagi siswa. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi sekolah lain dalam mengembangkan strategi berbasis teman sebaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman nyaman dan inklusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364686

Actions (login required)

View Item View Item