Pengembangan pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media Smart Box untuk meningkatkan berpikir kritis siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Nurul Fajriyatuz Zahro Mufida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media Smart Box untuk meningkatkan berpikir kritis siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Nurul Fajriyatuz Zahro Mufida</p>

Mufida, Nurul Fajriyatuz Zahro (2024) Pengembangan pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media Smart Box untuk meningkatkan berpikir kritis siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Nurul Fajriyatuz Zahro Mufida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belakangan ini keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih seringkali dikesampingkan dan diabaikan. Keterlibatan siswa memiliki peran krusial yang sangat berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran. Problematika tersebut harus disikapi secara responsif oleh beberapa pihak khususnya pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Sebagai upaya peningkatan efektivitas pembelajaran penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji efektivitas pembelajaran melalui model Teams Games Tournament pada pembelajaran siswa kelas IV SD berbantuan media Smart Box. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni R amp D (Research and Development) model ADDIE dengan teknik pengumpulan data observasi wawancara dokumentasi validasi angket dan tes yang dianalisis menggunakan presentase ketutansan belajar nilai rata-rata serta dikategorikan dalam beberapa kriteria yang menunjukkan valid layak praktik dan efektif. Subjek uji coba skala kecil penelitian terdiri dari 6 siswa SDN Tlekung 02 sedangkan skala besar terdiri dari 18 siswa SDN Dadaprejo 02. Hasil penelitian pengembangan ini menjelaskan produk modul ajar dan media Smart Box kelas IV Sekolah Dasar dikatakan sangat valid oleh validasi pembelajaran validasi materi serta oleh validasi media setelah dikatakan revisi produk modul ajar dan media Smart Box dikatakan layak dan praktis digunakan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar serta dikatakan efektif bagi siswa setelah dilakukan uji coba skala kecil dan skala besar. Hasil efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan memperoleh skor 76% dengan kategori hasil belajar tinggi yang dapat melatih berpikir kritis siswa. Berdasarkan data tersebut bahwa pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Smart Box berhasil meningkatkan keterlibatan siswa menciptakan suasana belajar dan meningkatkan berpikir kritis. Hasil tersebut menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Oleh karena itu pembelajaran Teams Games Tournamnet berbantuan Media Smart Box dapat terus diterapkan secara luas untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/364685

Actions (login required)

View Item View Item