Manajemen pelatihan kurikulum 2013 bagi guru jenjang SMP (studi kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Kota Batu) / Feri Nan Dariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pelatihan kurikulum 2013 bagi guru jenjang SMP (studi kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Kota Batu) / Feri Nan Dariyanto

Dariyanto, Feri Nan (2015) Manajemen pelatihan kurikulum 2013 bagi guru jenjang SMP (studi kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Kota Batu) / Feri Nan Dariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dariyanto Feri Nan. 2014. Manajemen Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Jenjang SMP (Studi Kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Kota Batu). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd M.Si. (II) Dr. Agus Timan M.Pd. Kata kunci manajemen pelatihan kurikulum 2013 guru jenjang SMP Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjut pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dirintis pada tahun 2004 dan dilanjutkan dengan KTSP tahun 2006 yang mencakup kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan. Ditinjau dari pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah ada beberapa perubahan mendasar antara KTSP dengan Kurikulum 2013 terkait dengan konten kurikulumnya. Agar pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik perlu dilakukan pelatihan bagi guru yang akan melaksanakan kurikulum tersebut dengan harapan mampu meningkatkan kompetensinya dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEK. Sarana untuk meningkatkan kualitas tersebut adalah dengan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS atau disingkat dengan PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu. Pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu merupakan proyek nasional yang dilaksanakan di daerah-daerah se-Jawa Timur. Untuk melaksanakan pelatihan Kurikulum 2013 di seluruh kota/kabupaten se-Jawa Timur lembaga memiliki strategi dalam pelaksanaan pelatihannya agar tercapai tujuan dan harapan yang diinginkan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui upaya lembaga yakni PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu dalam mengelola pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru jenjang SMP yang dilaksanakan di daerah se-Jawa Timur. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu (2) bagaimana pengorgnisasian pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu (3) bagaimana pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu dan (4) bagaimana evaluasi pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci kehadiran peneliti sebagai instrumen penelitian berupaya melakukan pengamatan penuh terhadap subjek penelitian dan secara terbuka menyatakan perannya sebagai peneliti di lapangan. Sumber data berasal dari manusia (kata-kata dan tindakan) dan non manusia (data berupa dokumentasi). Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan anggota (member checks). Tahap-tahap penelitian meliputi tahap persiapan penelitian tahap pelaksanaan penelitian dan tahap pelaporan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru jenjang SMP di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu terdiri dari kegiatan (1) perencanaan pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu meliputi kegiatan penentuan kuota peserta dan perekrutan peserta pelatihan penentuan instruktur pelatihan menyiapkan struktur program menyiapkan jadwal kegiatan pelatihan penyiapan materi pelatihan rencana pembiayaan/anggaran pelatihan dan rencana pengadaan sarana dan prasarana pelatihan (2) pengorganisasian pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu meliputi kegiatan pengaturan panitia pelatihan struktur organisasi pelatihan dan job description pengaturan instruktur pelatihan pengaturan peserta pelatihan pengaturan tempat pelatihan kurikulum dan pengaturan sarana dan prasarana pelatihan (3) pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu meliputi kegiatan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal peserta sebelum proses pembelajaran proses pembelajaran di kelas pelatihan dengan materi yang disampaikan terkait dengan perubahan Kurikulum 2013 dan kegiatan post-test untuk mengukur pengetahuan peserta secara menyeluruh selama mengikuti proses pembelajaran (4) evaluasi pelatihan Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu meliputi kegiatan evaluasi peserta pelatihan evaluasi instruktur pelatihan dan evaluasi penyelenggaraan pelatihan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar (1) Kepala PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu mampu meningkatkan kinerja lembaga terutama pada pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang professional melalui pelayanan prima yang berkelanjutan sesuai dengan visi misi PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu (2) Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu mampu meningkatkan kinerjanya dalam menyusun pedoman dan petunjuk pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidika menyiapkan bahan ajar peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dan mengembangkan model evaluasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (3) Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK PKn dan IPS Kota Batu mampu meningkatkan kerjasama antar lembaga dibidang pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan dan mampu meningkatkan penyajian dan penyebarluasan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan perbaikan dan pengembangan pendidikan yang lebih memadai terutama yang berkaitan dengan peningkatan pendidik dan tenaga kependidikan dengan pelatihan ketua jurusan administrasi pendidikan hendaknya tidak menghapus mata kuliah manajemen pelatihan lingkup manajemen pelatihan mencakup pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan hal ini masih termasuk dalam lingkup bidang administrasi pendidikan dan (5) Peneliti lain menjadikan penelitian ini sebagai referensi tambahan dalam bidang manajemen pelatihan. sebagai pedoman acuan penyusunan penelitian bagi peneliti lain terutama yang berkaitan dengan manajemen pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item