Penggembangan media cd pembelajaran TIK kelas VIII di SMP PGRI 1 Ngajum / Yosan Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggembangan media cd pembelajaran TIK kelas VIII di SMP PGRI 1 Ngajum / Yosan Pradana

Pradana, Yosan (2012) Penggembangan media cd pembelajaran TIK kelas VIII di SMP PGRI 1 Ngajum / Yosan Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan CD Pembelajaran Alat Bantu TIK SMP Kelas VIII. TIK merupakan mata pelajaran yang mencakup seluruh peralatan teknis dan memerlukan strategi pemilihan media pembelajaran yang tepat serta menarik agar siswa merasa tertarik untuk mempelajari TIK. Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI 01 Ngajum proses pembelajaran TIK sudah menggunakan media laboratorium TIK sebagai sarana pembelajaran. Kendala yang utama dalam pembelajaran TIK adalah minimnya peralatan laboratorium TIK guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi yang berkaitan dengan pembelajaran Praktik para murid merasa kesulitan dalam hal penguasaan Fungsi dari toolbar aplikasi komputer. Pemanfaatan laboratorium juga dianggap minim karena kurangnya bahan dan media yang mendukung. Kompetensi yang menjadi permasalahan selama ini yaitu segala hal yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu manipulasi dan pengelolaan informasi. Tujuan dari pengembangan media CD Pembelajaran ini adalah menghasilkan media CD pembelajaran TIK yang dapat digunakan oleh guru dan siswa kelas VIII sebagai pembelajaran di kelas. Sehingga siswa mampu mengoperasikan komputer aplikasi Ms.Excell Materi Pokok Mengidentifikasi Menu pada Ikon setelah menerima materi melalui media CD pembelajaran dan diharapkan dapat memecahkan masalah pembelajaran terkait dengan kesulitan guru dalam menyampaikan materi Pengenalan Ms.Excell. Pengembangan media CD Pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman terdiri dari Sembilan langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) validasi yang terdiri dari validasi ahli media ahli materi dan audiens (8) revisi dan (9) media siap digunakan. Hasil pengembangan media CD pembelajaran TIK untuk Siswa Kelas VIII Semester 2 di Sekolah Menengah Pertama PGRI 01 Ngajum ini menggunakan data dari validasi ahli media ahli materi dan audiens. Berdasarkan data dari validasi diperoleh hasil sebagai berikut (a) ahli media menyatakan media ini valid dengan total persentase 91 25%. (b) ahli materi menyatakan media ini valid dengan total persentase 92 5% (c) pada ujicoba kelompok kecil dinyatakan media ini valid dengan total persentase 87 5% (d) ) pada ujicoba kelompok besar dinyatakan media ini valid dengan total persentase 88%. Untuk hasil belajar siswa sebelum menggunakan media (pre test) dan sesudah menggunakan media (post test) dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa adalah 85%. Sedangkan untuk tes lisan pada tes I diperoleh data dengan kualifikasi efektif sebanyak 27 siswa untuk kualifikasi cukup efektif sebanyak 7 siswa Berdasarkan hasil dari validasi dapat disimpulkan bahwa media CD Pembelajaran ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk kelas VIII semester 2. Produk pengembangan ini dapat digunakan guru TIK Kelas VIII dalam memberikan materi Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar. Peran guru juga dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lengkap tentang materi diatas agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item