Persepsi mahasiswa terhadap keefektifan penggunaan sistem balikan online dan kualitas perkuliahan di FIP UM / Jainul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap keefektifan penggunaan sistem balikan online dan kualitas perkuliahan di FIP UM / Jainul Anwar

Anwar, Jainul (2015) Persepsi mahasiswa terhadap keefektifan penggunaan sistem balikan online dan kualitas perkuliahan di FIP UM / Jainul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anwar Jainul. 2014. Persepsi Mahasiswa terhadap Keefektifan Penggunaan Sistem Balikan Online dan Kualitas Perkuliahan di FIP UM. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Kata Kunci persepsi balikan online kualitas perkuliahan. Dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat dewasa ini mulai dari informasi komunikasi serta komputerisasi mempengaruhi segala macam bidang kehidupan pada umumnya dan pendidikan pada khususnya sehingga mempengaruhi perubahan era offline menjadi serba online. Balikan perkuliahan di FIP tidak lagi dilakukan melalui sistem offline tetapi sudah menggunakan sistem online. Melalui balikan perkuliahan sistem online pengeluaran untuk pembiayaan dapat ditekan. Balikan perkuliahan online di UM dapat diakses dalam Sistem Informasi Akademik (Siakad) pada halaman kuesioner. Setiap mahasiswa dapat menggunakan layanan tersebut untuk memberikan penilaian terhadap proses penyelenggaraan perkuliahan selama satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang keefektifan penggunaan balikan perkuliahan sistem online di lingkungan FIP UM (2) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang kualitas perkuliahan di FIP UM (3) menemukan hubungan keefektifan penggunaan balikan perkuliahan sistem online dengan kualitas perkuliahan di FIP UM menurut persepsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dalam menentukan ada tidaknya hubungan antar variabel yakni variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang dengan jumlah 1005 mahasiswa. Pengambilan sampel secara acak proporsional sebanyak 285 mahasiswa berdasarkan masing-masing jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan empat pilihan jawaban berdasarkan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian dapat diketahui dari 285 responden mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan balikan online (variabel X) termasuk pada kategori efektif menurut persepsi mahasiswa FIP dengan persentase sebesar 55 8%. Kualitas perkuliahan (variabel Y) responden menyatakan pada kategori berkualitas menurut persepsi mahasiswa FIP dengan persentase sebesar 55 8%. Pengolahan data hasil penelitian yang telah dilakukan dengan tingkat kesalahan 5% diketahui r hitung sebesar 0 553 dan r tabel sebesar 0 138. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa H0 tidak diterima. Kesimpulan penelitian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara keefektifan penggunaan sistem balikan online dengan kualitas perkuliahan di FIP UM. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Dekan FIP semakin objektif penggunaan sistem balikan online yang dilakukan pada akhir semester kualitas perkuliahan akan semakin baik menurut persepsi mahasiswa (2) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mengarahkan mahasiswa untuk memberikan penilaian secara sungguh-sungguh dalam mengisi balikan online setiap akhir semester sehingga kualitas perkuliahan dapat diketahui secara objektif (3) Dosen FIP hendaknya hasil penelitian digunakan sebagai balikan dalam kegiatan perkuliahan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap proses belajar-mengajar sekaligus sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dalam proses perkuliahan (4) bagi mahasiswa hendaknya penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui hasil pengisian balikan online yang dilakukan setiap akhir semester (5) bagi peneliti lainnya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber inspirasi di bidang yang sejenis serta dapat melakukan penyempurnaan terhadap permasalahan yang belum terungkap melalui variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item