Muhaimin, Rama Nur (2024) Pengaruh kemampuan TPACK dan pengalaman program asistensi mengajar terhadap kesiapan sebagai calon guru mahasiswa S1 PTE FT UM / Rama Nur Muhaimin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhaimin R.N. 2023. Pengaruh Kemampuan TPACK dan Pengalaman Program Asistensi Mengajar terhadap Kesiapan Sebagai Calon Guru Mahasiswa S1 PTE FT UM. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Yuni Rahmawati S. T. M.T. Kata Kunci Kemampuan TPACK Asistensi Mengajar Kesiapan Calon Guru Abad 21 ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga sinergi antara keduanya semakin berkembang pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak besar pada dunia kerja dimana mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan TPACK. Sebagai tenaga ahli guru harus bisa menerapkan TPACK dan pengalaman program asistensi mengajar tentang dunia kerja. Bekal yang dimiliki mahasiswa terhadap kesiapan sebagai calon guru mahasiswa juga dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu kemampuan TPACK dan pengalaman program Asistensi Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendefinisikan kemampuan TPACK (X1) pengalaman program asistensi mengajar (X2) kesiapan sebagai calon guru mahasiswa S1 PTE FT UM (Y). (2) mengetahui pentingnya pengaruh antara X1 dan Y (3) memastikan pentingnya pengaruh X1dan X2 dengan Y serentak Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang merupakan mahasiswa S1 PTE angkatan 2020-2021 FT UM sebagai populasi. Instrumen yang digunakan pada tiap variabel berupa angket menggunakan skala likert 4. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji prasyarat analisis korelasi parsial dan regresi ganda menggunakan SPSS guna mendeskripsikan hubungan antara variabel bebas dan variabel terkait baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil ujicoba kuisioner diperoleh tingkat reliabilitas pada variabel X1 X2 dan Y secara berurutan adalah 0.790 0.847 serta 0.862. Hasil dari penelitian menjabarkan bahwa konstribusi terhadap kesiapan sebagai calon guru mahasiswa S1 PTE FT UM yang terdapat pada sumbangan efektif pada variabel kemampuan TPACK sejumlah 60 01% dan pengalaman program asistensi mengajar 4 79% sedangkan sisanya dipengaruhi aspek lain yang tidak diteliti. Sumbangan relatif kemampuan TPACK sebanyak 92 60% dan asistensi mengajar sebanyak 7 40%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian adalah (1) X1 X2 dan Y dalam kategori sangat baik dan baik (2) terdapat pengaruh parsial yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y dan (3) terdapat pengaruh simultan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/361277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |