Saifudin, Puguh Ahmad (2024) Penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs untuk meningkatkan hasil belajar perawatan berkala kendaraan ringan siswa kelas xi tkr smk negeri 11 malang / Puguh Ahmad Saifudin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai pendekatan pada penelitian ini dengan desain siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan serta refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 2 dengan jumlah 32 peserta didik. Penelitian ini bertujuan dalam peningkatan hasil pembelajaran kompetensi perawatan berkala peserta didik XI TKR 2 di SMKN 11 Malang melalui implementasi model pembelajaran tipe practice rehearsal pairs. Data hasil penilaian tengah semester didapat rata rata 60 15 dengan ketuntasan belajar sebesar 18 75%. Dengan rumusan penelitian 1) bagaimanakah penerapan Practice rehearsal pairs 2) hasil belajar pada siklus 1 3) hasil belajar pada siklus 2 dan yang terakhir 4) target penelitian dengan hasil penelitian sebagai berikut 1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan tuntas secara menyeluruh namun pada kenyataan dilapangan terdapat permasalahan sehingga diadakan refleksi untuk pelaksanaan siklus 2 solusi yang digunakan adalah penguatan motivasi belajar siswa serta pendalaman pendahuluan dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs penguatan pendampingan pembelajaran berkelompok 2) Pada siklus 1 didapatkan rata-rata hasil belajar peserta didik masih di bawah target penelitian dimana didapat 70 00 dari KKM 85 00 dan ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 25%. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah seperti kurangnya adaptasi serta pemahaman peserta didik pada model pembelajaran dan peserta didik cenderung pasif serta kebanyakan main hp. 3) Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 87 34 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 87 5% memenuhi target minimal penelitian 4) indikator kuantitatif dan kualitatif telah terpenuhi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada kompetensi perawatan berkala implementasi pembelajaran practice rehearsal pairs terbukti dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor seperti penguatan motivasi belajar pendampingan kelompok dan peranan teman sebaya dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar kunci keberhasilan dalam implementasi model pembelajaran penelitian ini. Dari pernyataan tersebut diberikan rekomendasi kepada sekolah dan guru untuk menerapkan model pembelajaran ini secara lebih luas dan terencana serta memberikan perhatian khusus pada penguatan motivasi dan pendampingan siswa dalam pembelajaran kelompok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/361065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |