Pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar pemeliharaan chasis kendaraan ringan siswa kelas xii jurusan tkro smk muhammadiyah 7 gondanglegi / Dwi Bayu Handayani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar pemeliharaan chasis kendaraan ringan siswa kelas xii jurusan tkro smk muhammadiyah 7 gondanglegi / Dwi Bayu Handayani</p>

Handayani, Dwi Bayu (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar pemeliharaan chasis kendaraan ringan siswa kelas xii jurusan tkro smk muhammadiyah 7 gondanglegi / Dwi Bayu Handayani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memliki tujuan antara lain (1) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pemeliharaan Chasis Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 7 GondangLegi. (2) Untuk mengetahui mana yang paling baik antara model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa Pemeliharaan Chasis Kendaraan Ringan kelas XII jurusan TKRO SMK Muhammadiyah 7 GondangLegi. Penelitian ini menerapkan pendekatan metodologi penelitian eksperimental. Penelitian ini menggunakan eksperimen dalam skala kecil atau yang biasa disebut eksperimen semu. Dalam desain ini kelompok eksperimen satu dan kelompok ekperimen dua dipilih secara acak. Kelas XII TKR 1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen satu yang menerima perlakuan dengan menggunakan model pembelajarn PJBL. Sementara itu kelompok ekperimen dua adalah kelas XII TKR 2 yang diajar dengan menggunakan model pembelajran berbasis PBL. Berdasarkan observasi untuk mengetahui nilai keaktifan belajar siswa dan hasil postest untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa kemudian perbandingan keaktifan dan hasil belajar siswa antara kedua kelas dilakukan analisis uji-t (independent sample t-test) untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya (1) Terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran project based learning dan problem based learning (2) Model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dari pada menggunkana Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/361044

Actions (login required)

View Item View Item