Penerapan balanced scorecard untuk mengukur kinerja manajemen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang / Yuni Selvia Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan balanced scorecard untuk mengukur kinerja manajemen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang / Yuni Selvia Indrawati

Indrawati, Yuni Selvia (2010) Penerapan balanced scorecard untuk mengukur kinerja manajemen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang / Yuni Selvia Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Yuni Selvia. 2008. Penerapan Balance Scorecard untuk Mengukur Kinerja Manajemen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang. Skripsi. Program Studi S1 Akuntansi. Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Sunaryanto M. Ed (2) Dra. Sri Pujiningsih S.E M.Si.Ak Kata Kunci Balanced Scorecard pengukuran kinerja manajemen Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang dengan judul Penerapan Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Manajemen Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang . Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang jika diukur dengan Balanced Scorecard. Penilaian kinerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang dilakukan untuk tahun 2005 2006 dan 2007 dengan menggunakan Balanced Scorecard. Sedangkan data yang digunakan untuk penilaian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari wawancara sedangkan data sekunder adalah data yang berupa laporan keuangan seperti neraca laporan laba-rugi dan data lain yaitu data nasabah dan data karyawan. Balanced Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang memperhatikan aspek keuangan dan non-keuangan yang terdiri atas empat perspektif yaitu perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan perspektif proses bisnis internal perspektif pelanggan dan perspektif keuangan. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengkaji kinerja perusahaan adalah dengan Balanced Scorecard untuk perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan indikator employee retention employee training dan employee absenteeism. Untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan indikator MERR (Minimized Error Rate and Re-work). Untuk perspektif pelanggan mengunakan indikator Customer Core Measurement terdiri dari Customer Retention Customer Acquisition Customer Complain dan Customer Value Proposition. Sedangkan untuk perspektif keuangan menggunakan Rasio CAMEL yang terdiri atas aspek permodalan aspek kualitas aktiva produktif aspek manajemen resiko aspek rentabilitas dan aspek likuiditas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kinerja perusahaan adalah cukup baik. Dari perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan serta proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik. Untuk perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang cukup baik. Hal ini terlihat dari Customer Retention dan Customer Acquisition yang cenderung menurun. Sedangkan untuk perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang sehat. Hal ini terlihat dari nilai kredit yang dicapai termasuk dalam predikat sehat. Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat memberi saran bahwa sebaiknya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang dalam mengukur kinerjanya menggunakan Balanced Scorecard karena perusahaan dapat mengukur kinerja perusahaan berdasarkan aspek keuangan dan non-keuangan sehingga dapat dilakukan perbaikan secara berkesinambungan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan serta memudahkan pihak manajemen dalam menyusun program jangka pendek dan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36069

Actions (login required)

View Item View Item