Hubungan keefektifan guru dalam mengajar dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (studi pada SMA Ardjuna Malang) / Arie Praptiningsih` - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keefektifan guru dalam mengajar dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (studi pada SMA Ardjuna Malang) / Arie Praptiningsih`

Arie Praptiningsih (2009) Hubungan keefektifan guru dalam mengajar dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (studi pada SMA Ardjuna Malang) / Arie Praptiningsih`. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Praptiningsih Arie. 2007. Hubungan Keefektifan Guru dalam Mengajar dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akuntansi (Studi Pada SMA Ardjuna 1 Malang). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Soeryati. (II) Eka Ananta Sidharta SE. M.M Ak. Kata Kunci keefektifan guru motivasi berprestasi prestasi belajar Penelitian ini berfokus pada prestasi belajar siswa SMA Ardjuna Malang. Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam suatu proses belajar mengajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Dalam penelitian ini hanya ditekankan pada faktor keefektifan guru dalam mengajar dan motivasi berprestasi siswa. Keefektifan guru dalam mengajar adalah kemampuan guru dalam mengajar sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswanya. Dalam penelitian ini meliputi perencanaan komunikasi dengan siswa sikap dan tingkah laku dalam pembelajaran pengaturan manajemen kelas serta evaluasi hasil pembelajaran. Sedangkan yang dimaksud dengan motivasi berprestasi dalam penelitian ini adalah dorongan mental yang berupa keinginan perhatian atau minat kemauan atau cita-cita yang kuat untuk memaksimalkan hasil yang dicapai sehingga hasil yang pernah dicapai lebih baik daripada hasil yang pernah dicapai sebelumnya. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Ilmu Sosial (IS) yang berjumlah 75 siswa akan tetapi instrumen yang bisa terkumpul kembali hanya 69 eksemplar. Hal ini dikarenakan sebanyak 6 siswa tidak masuk pada saat penelitian yang berarti 6 instrumen dinyatakan missing. Seluruh subyek diminta untuk mengisi kuesioner yang merupakan instrumen dalam penelitian ini. Jawaban untuk pertanyaan dalam kuesioner yang diberikan berbentuk kategori (SL SR KD JR TP). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif korelasi product moment dan regresi ganda. Untuk kepentingan analisis dipergunakan program software SPSS versi 13 for Windows. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara keefektifan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar (r 0 751) korelasi positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar (r 0 588) serta korelasi positif dan signifikan antara keefektifan guru dalam mengajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar (r 0 859). Hasil penelitian tersebut mendukung teori yang mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat keefektifan guru dalam mengajar dan ditunjang oleh motivasi berprestasi siswa yang tinggi maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menjadi guru yang efektif yang mampu memotivasi siswa untuk berprestasi dalam upaya pencapaian prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36036

Actions (login required)

View Item View Item