Putri, Salsabila Mardhiyyah (2024) Pengaruh media game edukasi kahoot terhadap hasil belajar teori dasar musik Kelas X SMKN 2 Cibinong Kabupaten Bogor / Salsabila Mardhiyyah Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media sangat berperan penting terhadap proses pembelajaran di era modern penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Beragam media interaktif yang bisa dipakai guru salah satunya ialah game edukasi Kahoot. Dengan pengoperasianya tergolong mudah game tersebut mempunyai fitur- fitur sebagai pilihan guna membentuk pembelajaran yang unik serta membuat murid lebih banyak berkontribusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media game edukasi Kahoot terhadap hasil belajar teori dasar musik siswa kelas X di SMKN 2 Cibinong Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan true eksperimen design dalam bentuk posttes-only control design.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Kahoot sebagai media pembelajaran dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media game edukasi Kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran teori dasar musik Siswa merasa lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pelajaran sehingga berdampak positif pada hasil belajar mereka. Penelitianini bermetode eksperimen penelitian diselenggarakan di SMKN 2 Cibinong dimana total subjeknya sejumlah 36 murid guna kelas eksperimen serta 35 kelas control. penelitian ini berinstrumen tes pilihan ganda secara 30 soal yang sudah diujikan reliabilitas amp validitasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/359804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |