UNSPECIFIED (2013) Penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran akuntansi dalam upaya peningkatan keaktifan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Blitar / Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci metode pembelajaran make a match peningkatan keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru akuntansi kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 2 Blitar diperoleh temuan bahwa dalam kegiatan pembelajaran terdapat satu kelas jurusan IPS yaitu kelas XI IS 1 yang masih lemah dalam aktif bertanya dan menjawab pertanyaan didalam kelas ketika pelajaran akuntansi sedang berlangsung. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang tidak berani dalam mengajukan pertanyaan ketika ada materi yang belum dipahami serta masih belum berani dalam mengungkapkan pendapat maupun menjawab pertanyaan yang diberikan guru. selama ini pembelajaran akuntansi masih berpusat pada guru dimana guru sebagai sumber belajar untuk bisa memahami materi.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa yaitu bertanya dan menjawab pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dimulai dengan perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan refleksi yang membentuk siklus demi siklus sampai tuntas penelitian sehingga diperoleh data sebagai jawaban dari permasalahan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 2 Blitar. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada guru dan siswa observasi lapangan tes angket untuk siswa catatan lapangan dan dokumentasi. untuk tes peneliti hanya melakukan post test karena hanya bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa setelah menerapkan metode make a match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran make a matchefektif diterapkan untuk melatih keberanian siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam kelas baik secara kognitif maupun individu. Dapat memotivasi siswa untuk belajar di dalam kelas karena penerapan metode pembelajaran make a match membawa suasana kelas menjadi menyenangkan dengan adanya permainan yang ada di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa dan menjawab pertanyaan hal ini didukung dengan hasil post test yang sebagian besar siswa mampu mencapai standar ketuntasan minimum (SKM) yang ditentukan pihak sekolah yaitu 75.Berdasarkan penelitian ini dalam proses pembelajaran perlu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa di kelas sehingga bisa mendapatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35896 |
Actions (login required)
View Item |