Prasetyo, Angga Bagus (2014) Manajemen pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang / Angga Bagus Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prasetyo Angga Bagus. 2013. Manajemen Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Kata Kunci manajemen pembelajaran sanggar kegiatan belajar. Sejatinya pendidikan yang dilakukan untuk mempersiapkan peserta didiknya dapat hidup sesuai dengan kondisi di sekitar lingkungan masyarakat serta dapat melestarikan nilai-nilai kebudayaan nasional milik bangsa. Pendidikan merupakan kunci utama untuk menyukseskan pembangunan nasional. Pendidikan diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan kesetaraan merupakan salah satu pendidikan non-formal yang menyelenggarakan program pendidikan umum setara SD/MI SMP/MTs dan SMA/MA yang mencakup program Paket A B C. Pendidikan non-formal berfungsi sebagai pengganti penambah dan pelengkap pendidikan formal dalam mendukung pendidikan sepanjang hayat (life long education). Maka pelaksanaan jalur pendidikan non-formal dapat menggantikan pendidikan formal dalam perluasan akses pendidikan dasar dan menengah terutama bagi peserta didik yang tidak berkesempatan mengikuti jalur sekolah formal. Pendidikan non-formal juga berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan ketrampilan fungsional dan pengembangan sikap serta kepribadian profesional. Dengan demikian pendidikan kesetaraan dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat 1 2 dan 6. Fokus penelitian ini secara umum adalah manajemen pembelajaran yang ada di SKB Kota Malang. Secara rinci fokus penelitian meliputi 1) perencanaan pembelajaran di SKB Kota Malang 2) pengorganisasian pembelajaran di SKB Kota Malang 3) pelaksanaan pembelajaran di SKB Kota Malang 4) evaluasi pembelajaran di SKB Kota Malang 5) kendala pembelajaran serta upaya mengatasinya di SKB Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di SKB Kota Malang yang beralamatkan di jalan Laksda Adi Sucipto Gg. Makam Nomor. 30 Kecamatan Blimbing Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggambarkan tentang proses yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi. Analisis data didasarkan pada pemberian kode untuk tiap satuan sehingga dapat diketahui berasal dari sumber mana data diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan memadukan metode pengumpulan data meliputi teknik wawancara observasi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pembelajaran di SKB Kota Malang meliputi 1) perencanaan hasil penyusunan program pembelajaran berupa program tahunan program semester rencana pekan efektif silabus rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) pengorganisasian pembelajaran menggambarkan adanya pembagian tugas wewenang dan tanggungjawab dari masing-masing jabatan. 3) pelaksanaan pembelajaran merupakan realisasi dari program perencanaan yang telah disusun sebelumnya dengan tahapan pembelajaran yang dimulai dari pembuka kegiatan inti penutup. Kegiatan pembelajaran ini berjalan efektif sesuai jadwal dilakukan di ruang kelas dan di luar kelas yang diisi dengan pendidikan ketrampilan. 4) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menetapkan kriteria ketuntasan minimal menggunakan bentuk penilaian tes tulis yang meliputi tugas harian ulangan harian ujian tengah semester ujian akhir semester dan ujian nasional dan hasil penilaian dilaporkan dalam bentuk rapot. 5) kendala muncul dari kegiatan pembelajaran ini yaitu peserta didik memiliki motivasi yang kurang kuat untuk mengikuti pembelajaran di kelas sehingga menyebabkan tingkat kehadiran di kelas rendah ditambah dengan kurang maksimalnya rasa disiplin peserta didik di lingkungan tempat mereka belajar yang mempunyai dampak pada sulitnya peserta didik untuk ditata sesuai dengan aturan yang telah ada. Upaya dalam mengatasi kendala itu diantaranya berupa pemberian pengertian tentang penguatan motivasi dan penggunaan metode tutor yang variatif dalam mengajar. Saran disampaikan peneliti kepada 1) Kepala UPT SKB diharapkan tetap mempertahankan terlebih dapat meningkatkan pengelolaan/manajemen bidang pembelajaran program kesetaraan yang saat ini sudah tersusun jelas dan rapi dan sebagai pemimpin terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga masyarakat. 2) tutor SKB diharapkan bisa menjadi contoh teladan yang bisa dibanggakan oleh peserta didik tetap sabar dan bijaksana dalam mendidik. Tutor dapat menciptakan hubungan baik akrab namun tetap dalam suatu batasan tiada henti memberikan dukungan motivasi dorongan semangat serta terus memberikan pembelajaran untuk menumbuhkan sikap disiplin kepada peserta didik dalam belajar menuntut ilmu di sekolah. 3) peserta didik diharapkan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat tinggi. Mampu mematuhi tata tertib yang ada di lingkungan SKB. 4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan sebagai lembaga pendidikan yang mengkaji bidang manajemen hendaknya lebih ditingkatkan untuk mengamati manajemen pembelajaran khususnya pada lembaga pendidikan non-formal seperti sekolah kesetaraan. Mengingat saat ini sekolah kesetaraan seperti SKB Kota Malang berperan penting sebagai tumpuan akhir penyelenggara pendidikan yang diperuntukan bagi penduduk masyarakat yang belum tersentuh oleh dunia pendidikan. 5) peneliti lain dapat dijadikan bahan referensi sekaligus informasi awal untuk dikembangkan dalam penelitian sejenis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |