Rosalia (2010) Pengaruh bakat dan minat pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI AK di SMK Negeri 1 Malang / Rosalia Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Bakat Klerikal Minat pada Mata Pelajaran Akuntansi Hasil Belajar Hasil Belajar yang dicapai oleh para siswa diduga erat kaitannya dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Bakat adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang sehingga orang tersebut dapat dengan mudah mempelajari ilmu yang sesuai dengan bakatnya. Minat merupakan rasa ketertarikan seseorang untuk melakukan suatu hal yang diikuti oleh rasa senang sehingga akan menghasilkan kepuasan terhadap hasil yang dicapai. Semakin tinggi bakat dan minat yang dimiliki seseorang semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Pengaruh bakat terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Malang. (2) Pengaruh minat pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Malang tahunajaran 2009/2010 sebanyak 194 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bakat (X1) minat (X2) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XIAK di SMK Negeri 1 Malang (Y). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara bakat terhadap hasil belajar siswa kelas XIAK di SMK Negeri 1 Malang tahun ajaran 2009/2010. Secara parsial juga ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XIAK di SMK Negeri 1 Malang tahun ajaran 2009/2010. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pihak keluarga harus terus mengarahkan dan memberikan dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan para siswa sehingga bakat dan minat yang dimiliki anak tetap terasah dan hasil belajarnya mengalami peningkatan. Pihak sekolah harus lebih aktif lagi dalam memupuk rasa kepercayaan diri peserta didiknya agar bakat dan minat yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan baik dan pada akhirnya mendapatkan hasil belajar yang baik pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |