Rahanani Tri (2010) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa akuntansi di SMKN 1 Kraksaan Probolinggo tahun ajaran 2008/2009 / Rahanani Tri L. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tri Rahanani. 2009. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Akunntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdiah SE Ak M.Si (2) Sawitri Dwi Prastiti SE Ak M.Si Kata kunci latar belakang sosial ekonomi orang tua kemampuan mengajar guru dan Prestasi Belajar Siswa. Prestasi belajar adalah hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol angka huruf maupun suatu kalimat yang dapat mencerminkan usaha yang telah dilakukan oleh seseorang atau anak didik pada periode tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ada 2 yaitu a) Faktor internal dan b) faktor eksternal. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga (latar belakang sosial ekonomi orang tua) dan lingkungan sekolah (kemampuan mengajar guru). Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian berjumlah 190 siswa sampel dalam penelitian berjumlah 40 siswa terdiri dari siswa kelas X dan XI Ak. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan metode proportional sample. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh antara latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Ak SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo 2) Ada pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Ak SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo 3) Ada pengaruh secara simultan antara latar belakang sosial ekonomi orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Ak SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo . Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) bagi orang tua untuk melibatkan diri dalam proses belajar anak 2) bagi guru untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan dalam berkomunikasi dengan siswa dan mendorong keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar dikelas 3) bagi siswa untuk lebih meningkatkan prestasinya dengan cara bekerjasama dengan guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif dan 4) bagi peneliti lain masih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa seperti ketersediaan sumber belajar kebiasaan belajar minat belajar dan banyak yang lainnya untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |