Manajemen kelas multikultural (studi kasus di Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang) / Shelly Andari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kelas multikultural (studi kasus di Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang) / Shelly Andari

Andari, Shelly (2013) Manajemen kelas multikultural (studi kasus di Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang) / Shelly Andari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen kelas multikultural bahasa Indonesia untuk penutur asing. Manajemen kelas merupakan salah satu fungsi manajemen pendidikan yang memiliki pengaruh besar bagi berhasilnya proses pendidikan di sekolah. Guru sebagai manajer kelas wajib memiliki keahlian dalam mengelola kelas mengkondisikan kelas yang kondusif dan ideal untuk proses belajar mengajar. Guru menerapkan strategi mengajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik dengan latar belakang yang sangat jauh berbeda menyumbangkan kesulitan tersendiri bagi guru. Hal tersebut terjadi di kelas Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Kelas BIPA terdiri dari peserta didik dengan latar belakang pendidikan agama budaya dan negara yang beragam. Guru dituntut untuk mengelola sebuah kelas multikultural dengan baik di tengah keberagaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pendekatan yang digunakan oleh guru dalam manajemen kelas multikultural penanaman kedisiplinan peserta didik di dalam kelas penanaman nilai-nilai budaya lokal kepada peserta didik masalah-masalah yang timbul di dalam manajemen kelas multikultural dan langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Peneliti memilih pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus digunakan karena peneliti meneliti objek yang dipandang sebagai sistem yang dibatasi dan terikat oleh tempat dan waktu tertentu. Penelitian dilakukan di Program BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang ditujukan untuk mahasiswa asing yang menempuh pembelajaran bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang. Informan penelitian ini antara lain (1) Koordinator BIPA (2) Wakil Koordinator BIPA (3) Koordinator team teaching (4) guru kelas dan (5) mahasiswa asing sebagai peserta didik yang belajar di BIPA. Penelitian ini dilakukan secara terbuka artinya pihak-pihak yang terkait di BIPA mengetahui kehadiran peneliti. Peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Agar data yang diperoleh benar-benar absah peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan penelitian ini adalah (1) pendekatan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di BIPA disesuaikan dengan peserta didik yaitu dengan (a) menggunakan sistem team teaching di setiap kelas (b) terdapat pembagian kerja di dalam team teaching (c) guru melakukan pendekatan kerja dalam kelompok yaitu dengan memberi tugas yang dikerjakan secara berkelompok (2) penanaman kedisiplinan di kelas BIPA dilakukan dengan disiplin konsep kebebasan yang bertanggungjawab yaitu (a) kontrak belajar merupakan kesepakatan bersama antara guru dan peserta didik dan (b) peraturan disertai dengan sanksi yang tidak terlalu mengikat (3) penanaman nilai-nilai budaya lokal dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam materi pelajaran (4) permasalahan yang ada di kelas BIPA antara lain (a) kesalahpahaman antara guru dan peserta didik mengenai materi pembelajaran (b) peserta didik yang tidak aktif dan (c) peserta didik bersikap seenaknya (5) langkah-langkah penyelesainnya antara lain (a) melakukan role playing ilustrasi dan bimbingan (b) memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang tidak aktif dalam diskusi kelas dan bekerja dalam kelompok dan (c) bertindak tegas dengan memberikan sanksi yang tegas. Saran peneliti antara lain (1) koordinator BIPA mempersiapkan guru kelas yang ditempatkan di kelas multikultural dengan meningkatkan kemampuan manajemen kelas yang lebih baik (2) Kepala Biro dan Staf Kerja Sama Luar Negeri menyiapkan lembaga atau program khusus untuk menghasilkan guru yang memang ditempatkan di kelas multikultural (3) mahasiswa asing hendaknya banyak belajar mengenai negara tujuan agar dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan baru (4) mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan memperluas pengetahuan mengenai isu-isu manajemen kelas terkini sehingga dapat memperoleh ilmu sebagai bekal calon manajer pendidikan dan (5) peneliti lain dapat lebih memperdalam penelitian ini karena merupakan topik yang menarik di tengah globalisasi yang terjadi saat ini terutama di dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item