Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Kepanjen / Fanny Wahyu Tri Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Kepanjen / Fanny Wahyu Tri Agustin

Agustin, Fanny Wahyu Tri (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Kepanjen / Fanny Wahyu Tri Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Agustin Fanny Wahyu Tri. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Kepanjen. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA. Kata kunci Problem Based Learning Keterampilan Sosial Hasil Belajar. Saat ini terdapat banyak model pembelajaran yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL). Problem based learningadalah model pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru tidak mentransfer pengetahuan melainkan membantu siswa membentuk pengetahuannya sendiri. Tugas guru lebih kepada membantu agar proses pengonstruksian pengetahuan oleh siswa berjalan lancar sehingga diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X di SMK Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dirancang dengan bentuk quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen yang berjumlah 203 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest posttest dan angket keterampilan sosial.Data dianalis dengan menggunakan bantuan program SPSS16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen lebih berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa dari pada model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol di kelas X pada mata pelajaran akuntansi di SMK Kepanjen. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi sekolah dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah bagi guru dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran karena terbukti dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa bagi siswa diharapkan dapat berperan aktif dalam pembelajaran lebih rajin serta mandiri dalam belajar kemudian bagi peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan lagi ketepatan soal berdiskusi yang akan digunakan dalam pembelajaran membangun komunikasi yang baik selalu memberikan motivasi serta memantau segala aktivitas siswa selain itu dalam pembelajaran dapat menerapkan PBL yang diselingi dengan ice breaking sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Selain itu penelitian ini dapat dikembangkan menjadi penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi/wawancara sehingga diperoleh hasil data yang lebih mendalam dan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35206

Actions (login required)

View Item View Item