Analisis gaya belajar siswa berprestasi pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri / Lelly Nuke Feryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gaya belajar siswa berprestasi pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri / Lelly Nuke Feryani

Feryani, Lelly Nuke (2018) Analisis gaya belajar siswa berprestasi pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri / Lelly Nuke Feryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Feryani Lelly N. 2018. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd M.Pd. Kata Kunci Gaya Belajar Siswa Berprestasi Prestasi akademik siswa di sekolah setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam siswa itu sendiri dan faktor dari lingkungannya. Adapun yang termasuk faktor siswa itu sendiri salah satunya terletak pada gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki strategi yang berbeda-beda dalam menampung pelajaran yang disampaikan oleh guru. Diduga perilaku-perilaku tersebut merupakan cara peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang membuat senang dan nyaman sesuai dengan gaya belajarnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar visual auditori dan kinestetik dan kecenderungannya pada siswa berprestasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik kelas X dan XI SMK Negeri 2 Kediri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Informan yang terkait terdiri dari siswa berprestasi kelas X dan XI sebagai informan utama guru mata pelajaran akuntansi dan spreadheet sebagai informan pendukung. Tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan temuan digunakan dua teknik yaitu meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Peserta didik berprestasi akademik kelas X dan XI menunjukkan adanya kombinasi gaya belajar visual auditori dan kinestetik. (2) Kecenderungan gaya belajar visual auditori dan kinestetik antar siswa berprestasi akademik berbeda. Enam siswa berprestasi akademik cenderung menggunakan gaya belajar auditori dan dua siswa berprestasi akademik cenderung menggunakan gaya belajar visual. Dalam setiap kecenderungan gaya belajar yang sama siswa juga memiliki aktivitas atau perilaku yang belum tentu sama (3) Kecenderungan karakteristik gaya belajar visual auditori dan kinestetik pada kedelapan peserta didik berprestasi akademik menggambarkan beberapa karakteristik setiap gaya belajar. Saran dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan gaya belajar visual auditori dan kinestetik serta diharapkan pada penelitian yang sejenis diberikan subjek yang berbeda dengan lingkup yang lebih luas sehingga memperjelas faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35195

Actions (login required)

View Item View Item