Indarwati, Iing (2018) Pengembangan buku saku digital berbasis aplikasi android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar / Iing Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Indarwati Iing. 2018. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang SA S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Buku Saku Digital Motivasi Belajar Perbankan Dasar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran buku saku digital berbasis aplikasi android pada mata pelajaran Perbankan Dasar Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga dan mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran buku saku digital berbasis aplikasi android pada mata pelajaran Perbankan Dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap development buku saku digital dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli media 1 guru ahli materi dan 18 siswa pengguna. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhada 18 siswa kelas X jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui observasi wawancara dan angket. Data yang diperoleh dari observasi wawancara dan angket dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media Banking Pocket Book telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik. Dalam penilaian aspek rekayasa perangkat lunak produk Banking Pocket Book cukup mudah diinstal dan lancar dalam pengoperasiannya. Dalam penilaian aspek desain komunikasi visual tampilan teks gambar dan video sudah menarik namun pengguna yang memiliki ukuran smartphone yang kecil cenderung kurang bisa membaca teks dengan jelas. Aspek materi dinilai baik karena selain disajikan dalam bentuk teks materi juga disajikan dengan gambar dan video. Hal ini menjadikan siswa lebih tertarik untuk memahami materi. Aspek evaluasi dinilai kreatif karena menuangkan ide dalam bentuk kuis. Selain itu pemberian feedback secara langsung berupa nilai dan letak kesalahan menjadikan siswa cepat untuk dapat melakukan perbaikan. Dalam aspek pembelajaran produk Banking Pocket Book mampu menjadikan pembelajaran lebih menyanangkan. Terlebih dengan adanya menu video dalam produk Banking Pocket Book membuat siswa semakin tertarik untuk mempelajari materi. Hasil uji t untuk motivasi belajar siswa menunjukkan tingkat signifikansi yang mencapai 0 000 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Banking Pocket Book telah dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35190 |
Actions (login required)
View Item |