Implementasi model pembelajaran akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Faradilla Cholilah Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Faradilla Cholilah Maharani

Maharani, Faradilla Cholilah (2018) Implementasi model pembelajaran akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Faradilla Cholilah Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Maharani Faradilla C. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E M.A. M.M.Ak. Kata Kunci Implementasi Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Pembelajaran Akuntansi Dalam pembelajaran di Kurikulum 2013 guru diharuskan untuk bisa menciptakan kondisi kelas yang kondusif untuk menunjang tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Salah satu upaya guru yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran. Dalam dunia pendidikan terdapat banyak model pembelajaran yang bisa digunakan sehingga juga banyak pilihan bagi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran. Namun dalam Kurikulum 2013 terdapat empat model pembelajaran yang telah ditentukan sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013. Oleh karena itu dalam pembelajaran Kurikulum 2013 guru dituntut untuk mengimplementasikan model pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru akuntansi mengenai model pembelajaran Kurikulum 2013 serta mengimplementasikanya dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah guru akuntansi yang mengajar pada mata pelajaran pokok dalam akuntansi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Informan yang terkait terdiri dari guru akuntansi sebagai informan utama dan Wakakurikulum sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Guru akuntansi sudah memahami mengenai model pembelajaran akuntansi berdasarkan Kurikulum 2013 dalam pemilihan model pembelajaran Kurikulum 2013 guru akuntansi memiliki pertimbangan yaitu materi pelajaran kondisi kelas alokasi waktu dan kemampuan siswa. (2) Implementasi model pembelajaran Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran guru akuntansi menggunakan model pembelajaran diskusi kasus dan menemukan sendiri yang hampir sama dengan model pembelajaran Kurikulum 2013 tetapi dalam pelaksanaanya belum sesuai dengan kriteria model pembelajaran Kurikulum 2013 (3) Kendala dalam implementasi model pembelajaran akuntansi berdasarkan Kurikulum 2013 bergantung pada kondisi sekolah dan kendala internal dari guru akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35189

Actions (login required)

View Item View Item