Masruroh, Ani (2018) Pengembangan media pembelajaran akuntansi dasar berbasis mobile learning untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Ani Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Masruroh Ani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Dasar Berbasis Mobile Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd M.SA Kata Kunci Media Pembelajaran Akuntansi Dasar dan Mobile Learning Media pembelajaran merupakan suatu komponen yang memiliki peran dan fungsi penting dalam sistem pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Turen masih menggunakan media pembelajaran konvensional berupa Powerpoint berisi teks panjang dengan tampilan yang masih sangat sederhana disertai beberapa gambar saja. Aktivitas siswa selama pembelajaran kurang optimal. Siswa merasa bosan minat belajar siswa turun dan kurang antusias mengikuti pembelajaran oleh karena pembelajaran monoton dan melelahkan. Kondisi tersebut mengakibatkan jumlah 152 siswa 40% diantaranya memperoleh nilai di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Guru seharusnya dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran. Pemanfaatan android sebagai sarana media pembelajaran dirasa tepat guna mengatasi permasalahan terkait pembelajaran akuntansi dasar. Media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning merupakan aplikasi media pembelajaran menggunakan software Appypie yang didalamnya memuat materi pembelajaran video pembelajaran soal diskusi studi kasus dan kuis pembelajaran yang dapat diakses siswa kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan untuk menguji kelayakan media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian uji coba lapangan dilakukan di SMK Negeri 1 Turen pada 25 siswa kelas X Akuntansi. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning berdasarkan (1) Dari hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 97.5% yang termasuk dalam kategori Sangat Valid (2) Dari hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 87% yang termasuk dalam kategori Sangat Valid . Dan dari uji coba pengguna (siswa) mendapatkan total skor 2916 dari total skor 3100 dengan persentase 94% yang termasuk dalam kategori Sangat Valid . Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan pengguna (siswa) dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning ini layak dan siap untuk diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35187 |
Actions (login required)
View Item |