Palupi, Titah (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran spreadsheet berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 1 Pasuruan / Titah Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Palupi Titah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Spreadsheet berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Spreadsheet Project Based Learning Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Negeri 1 Pasuruan ditemukan bahwa banyak siswa dan guru memiliki smartphone yang bersistem android namun smartphone tersebut kurang dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan. Siswa kurang memanfaatkan google UC Browser mozilla firefox yang ada di smartphone untuk mencari pengetahuan baru. Fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti wifi gratis juga belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru dan siswa. Selain itu bahan ajar yang digunakan oleh siswa masih berbasis KTSP dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan dan efektivitas perangkat pembelajaran spreadsheet berbasis project based learning berupa RPP handout media pembelajaran dan soal evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pasuruan pada kelas X Akuntansi 3. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R D) dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Pengembangan Produk Awal (3) Validasi Ahli (4) Revisi Produk 1 (5) Uji Coba Lapangan (6) Revisi Produk 2 dan (7) Produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi ahli media ahli perangkat pembelajaran dan pengguna (guru dan siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji kelayakan produk menggunakan teknik analisis deskriptif persentase sedangkan untuk menguji efektivitas produk menggunakan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran spreadsheet sangat valid/ sangat layak untuk digunakan dengan rata-rata keseluruhan sebesar 89 98%. Hasil pretest dan posttest siswa kelas X AK 3 pada saat uji coba lapangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti kurang dari 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran spreadsheet berbasis project based learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35174 |
Actions (login required)
View Item |