Kholis, Nur Amalia (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan / Nur Amalia Kholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii RINGKASAN Kholis Nur Amalia. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Sosial dan Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd M.Pd. Kata Kunci kompetensi pedagogik kompetensi sosial kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan persepsi siswa (2) kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan persepsi siswa (3) kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan persepsi siswa. Persepsi siswa tentang ketiga kompetensi ini sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Jika siswa memiliki persepsi positif tentang kompetensi pedagogik guru maka motivasi belajarnya juga akan meningkat. Meskipun kompetensi guru sudah baik tetapi persepsi siswa tentang guru tersebut tidak baik maka tidak dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan sebanyak 107 siswa. Jumlah sampel sebanyak 83 siswa dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert untuk mengukur persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan program SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13 3% (2) persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22 2% (3) persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 26 3%. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi pedagogik kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru menurut persepsi siswa maka semakin baik pula motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35160 |
Actions (login required)
View Item |