Rahayu, Anita (2018) Pengembangan media pembelajaran visual berbasis komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Program Keahlian Akuntansi / Anita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rahayu Anita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasus Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengembangan media visual komik hasil belajar Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan. Media pembelajaran komik merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran. Komik merupakan media yang menyampaikan cerita dengan visualisasi atau ilustrasi gambar dengan kata lain komik adalah cerita bergambar dimana gambar berfungsi untuk pendeskripsian cerita agar si pembaca mudah memahami cerita yang disampaikan sehingga siswa dapat membangun pengetahuan mereka sendiri untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMK. Produk tersebut diuji cobakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang sesudah melalui tahap-tahap validasi sehingga media tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall (2003). Tahapan-tahapan penelitian antara lain studi lapangan pengembangan produk validasi produk revisi produk ke 1 Uji coba terbatas revisi produk ke 2 uji coba produk revisi produk produk akhir. Validasi media dilakukan oleh tiga subjek ahli yaitu ahli materi ahli media dan pengguna. Hasil validasi materi menunjukkan rata-rata sebesar76 6% dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil validasi ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 96 25% dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata sebesar 87 02% dengan kriteria valid/layak digunakan. Hasil rata-rata keseluruhan validasi menunjukkan rata-rata sebesar 86 62% sehingga media tersebut dapat dikatakan layak dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media komik juga terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut didukung dengan hasil uji paired sample t test dengan tingkat signifikansi 5%. Saran lebih lanjut untuk penelitian ini adalah dengan membuat komik berisi materi yang lain dan menggunakan aplikasi pembuat komik yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35155 |
Actions (login required)
View Item |