Putri, Mila Mustika (2018) Perbedaan motivasi dan hasil belajar antara metode pembelajaran konvensional (ceramah) dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Kepanjen / Mila Mustika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Putri Mila Mustika. 2017. Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Antara Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah) Dengan Metode Numbered Of Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Cipto Wardoyo S.E . M.Pd. M.Si. Ak. AC. Kata Kunci NHT (Numbered Head Together) konvensional hasil belajar motivasi belajar Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan metode pembelajaran yang memiliki empat langkah kegiatan utama yaitu penomoran pengajuan pernyataan berfikir bersama dan pemberian jawaban. NHT (Numbered Head Together)merupakan pembelajaran yang Koorperatif dimana siswa dituntut untuk belajar mandiri dan aktif dalam menyelesaikan setiap pembelajaran di sekolah. Dalam modelNumbered Head Together ada hubungan saling ketergantungan positif antar siswa ada tanggung jawab perseorangan dan ada tanggung jawab antar kelompok. Pada kenyataannya guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam proses pembelajaran karena dirasa lebih mudah dikendalikan saat melakukan pross belajar mengajar. Dari uraian di atas tampak bahwa pembelajaran NHT dapat mengarahkan siswa untuk aktif langsung dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah) dengan demikian akan mempengaruhi motivasi dan hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar antara metode konvensional dengan metode NHT (Numbered Head Together) Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi meliputi seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK (SMEA) Kepanjen yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak menurut kelas. Sampel terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 (XI AK3) dan kelas eksperimen 2 (XI AK6). Pengumpuan data menggunakan teknik dokumentasi tes dan lembar observasi. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode kolomogorov smirnov dan uji homogenitas dengan metode levene serta uji hipotesis dengan Uji Independent Sample T-test. Berdasarkan analisis data motivasi belajar dan hasil belajar dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas XI AK3 yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode NHT (Numbered Head Together) lebih meningkat jika dibandingkan dengan hasil belajar kelas XI AK 6 yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Sedangkan hasil motivasi belajar siswa kelas XI AK3 yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode NHT (Numbered Head Together) lebih meningkat jika dibandingkan dengan motivasi belajar kelas XI AK 6 yang menggunakan metode konvensional (ceramah) atau dengan kata lain bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode NHT (Numbered Head Together) lebih meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. ii ABSTRAK Putri Mila Mustika. 2017. The Different Motivation and Student s Learning between Conventional Methods and Numbered Head Together Methods on Vacational Competence Subjects in Grade XI Vacational High School. Sarjana s Thesis. Departement of Accounting. Faculty of Economics. State University of Malang. Advisor Dr. Cipto Wardoyo S.E . M.Pd. M.Si. Ak. AC. Keywords NHT (Numbered Head Together) conventional study result learning motivation NHT (Numbered Head Together) one type of Cooperative learning is learning methods that have four main steps there are numbering statement submission thingking together dan giving answers. NHT (Numbered Head Together) is cooperative learning where students force to study by themselves and actively solving every learning activity in school. Inside Numbered Head Together Method there is connection between each student there also self responsibility and group responsibility. In fact teacher stiil using conventional method (Lecturing) in learning process because it feels more easy to controling situation when doing learning process . in above description NHT should pointing students to be more active in learning activity rather than conventional method ( lecturing). So it will affecting motivation and result in studying accounting. The purpose of this research is to know the different of motivation and result between conventional method and NHT (Numbered Head Together) method. This research is tricky experiment with population including whole 6 class 11th grade student in Vocational High School Kepanjen. The sampling technics done randomly according to class. Sample devide by 2 class there is experiment class I ( 11th AK 3) and experiment class 2 (11th AK 6). Analitical technic including preconditon test it s normality test with kolomogorov smimov methods and homogeneity test with levene s method also hypothesis test with Independent Sample T-test. According to data analysis learning motivation and learning results can be concluded that is learning results of 11th AK 3 students who using NHT(Numbered Head Together) Cooperative learning method is increasing better than learning results of 11th AK 6 students that using conventional methods (lecturing). At the same time the learning motivation of 11th AK 3 students that using cooperative learning with NHT(numbered Head Together) method is increasing compared with learning motivation of 11th AK 6 students that using conventional method (lecturing) in other words learning activity using NHT (Numbered Head Together) method is better to improving learning motivation and results.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35147 |
Actions (login required)
View Item |