Pengaruh full day school dan perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa / Rina Melsyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh full day school dan perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa / Rina Melsyawati

Melsyawati, Rina (2018) Pengaruh full day school dan perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa / Rina Melsyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Melsyawati Rina. 2018. Pengaruh Full Day School dan Perhatian Orang Tua terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo M.Pd. M.Si. Ak CA. Kata Kunci Full day school Perhatian Orang Tua Aktivitas Belajar Siswa. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses pembelajaran untuk membantu manusia dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga mampu menghadapi berbagai macam perubahan yang terjadi. Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil jika dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk mencapai aktivitas belajar yang baik. Aktivitas belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu full day school dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh full day school terhadap aktivitas belajar siswa (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 2.381 siswa dan dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling sehingga digsampel nakan sebanyak 343 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data berupa angket menggunakan skala likert untuk mengumpulkan data tentang full day school perhatian orang tua dan aktivitas belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program IBM SPSS Statitistics versi 21.0. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa full day school yang diterapkan di SMK Negeri 1 Boyolangu termasuk dalam kategori cukup baik perhatian orang tua memiliki klasifikasi sedang dan aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan berdasarkan uji t bahwa nilai signifikansi full day school terhadap aktivitas belajar siswa adalah 0 000 0 05 dan nilai signifikansi perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa adalah 0 000 0 05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut (1) full day school berpengaruh positif signifikan terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 22 57% (2) perhatian orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 18 34%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah menambah teknik pengumpulan data agar informasi yang diperoleh lebih lengkap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penerapan full day school dan perhatian orang tua semakin tinggi pula aktivitas belajar yang dilakukan siswa begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item View Item