Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Preogram Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ni Made Resmita Andyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Preogram Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ni Made Resmita Andyani

Andyani, Ni Made Resmita (2018) Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Preogram Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ni Made Resmita Andyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andhyani Ni Made Resmita. 2018. Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Kata Kunci Minat Menjadi Guru Lingkungan Keluarga Prestasi Akademik Program studi kependidikan yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang memiliki misi untuk mencetak calon-calon guru yang berkualitas professional dan berkompeten. Namun pada kenyataannya tidak semua lulusan program studi kependidikan memilih guru sebagai profesinya. Oleh karena itu untuk mewujudkan cita-cita bersama tersebut dan semakin banyak lagi alumni program studi kependidikan memilih guru sebagai profesinya maka perlu untuk memperhatikan dasar utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu adanya minat untuk menjadi guru yang dapat meningkatkan kualitas dari mahasiswa yang tercermin dalam prestasi yang diperoleh. Kemudian peran serta dari lingkungan keluarga perlu untuk diperhatikan karena lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi akademik tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi minat menjadi guru lingkungan keluarga dna prestasi akademik mahasiswa (2) Mengetahui pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa dan (3) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014/2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 145 mahasiswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 107 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel minat menjadi guru tergolong tinggi (2) variabel lingkungan keluarga tergolong sedang (3) variabel prestasi akademik cukup tinggi (4) variabel minat menjadi guru menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik (5) variabel lingkungan keluarga menunjukkan terdapat pengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik. Kesimpulan penelitian ini yakni terdapat pengaruh positif signifikan variabel minat menjadi guru terhadap prestasi akademik dan tidak terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan (1) bagi fakultas ekonomi diharapkan dapat menciptakan program-program terbaru untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa (2) bagi mahasiswa ii diharapkan dapat mempertahankan minat menjadi guru yang dimiliki dan terus menambah wawasan mengenai profesi guru (3) bagi orang tua diharapkan mampu membuat relasi yang baik dengan mahasiswa dan diharapkan dapat meningkatkan peran serta terhadap pendidikan dan peningkatan prestasi mahasiswa (4) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperhatikan variabel lain yang berpengaruh dan menggunakan analisis yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35144

Actions (login required)

View Item View Item