Prasetyo, M. Kanta (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X AK pada mata pelajaran akuntansi di SMK Miftahul Ulum Pagelaran / M. Kanta Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo Kanta. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X AK Pada Matapelajaran Akuntansi Di SMK Miftahul Ulum Pagelaran. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Miftahul Ulum Pagelaran banyak ditemukan masalah pada siswa-siswi kelas X AK diantaranya mengenai (1) siswa cenderung sibuk mengobrol dengan temannya pada saat guru menjelaskan materi (2) lemahnya respon siswa pada saat guru menggajukan pertanyaan (3) kemampuan berdiskusi siswa masih rendah dan (4) kurangnya siswa dalam berpendapat. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran problem based learning. Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian Classroom Action Research dengan pendekatan kuantitatif dan dilakukan dalam dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK Miftahul Ulum Pagelaran Sidorejo Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi lembar tes dan catatan lapangan. Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning terdiri dari 5 tahap yang dimulai dengan (1) Mengorientasikan siswa kepada masalah (2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dikelas X AK berjalan sesuai rencana. Hal ini dibuktikan dengan analisis data pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata 89 dan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 76. Dan pada hasil analisis data siklus II kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata 95 dan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 82. Dari hasil penelitian diketahui terjadi peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X AK SMK Miftahul Ulum Pagelaran Sidorejo Kabupaten Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran untuk guru matapelajaran dapat menggunakan model pembelajaran problem based learning sebagai alternatif model pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa hasil belajar siswa dari aspek afektif kognitif dan psikomotorik. Saran dalam penelitian antara lain 1) permasalahan yang disajikan harus ringkas terbaru jelas dan sesuai dengan kapasitas peserta didik 2) alokasi pebelajaran harus digunakan semaksimal mungkin 3) prosedur pembelajaran harus disampaikan dengan jelas dan detail 4) mengorganisir peserta didik agar aktif dan 5) intrumen soal untukmengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dikembangkan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35129 |
Actions (login required)
View Item |