Pengembangan ebook pada mata pelajaran Akuntansi untuk kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu / Parasdya Pandhu Andanawarih. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ebook pada mata pelajaran Akuntansi untuk kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu / Parasdya Pandhu Andanawarih.

Andanawarih, Parasdya Pandhu (2018) Pengembangan ebook pada mata pelajaran Akuntansi untuk kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu / Parasdya Pandhu Andanawarih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pandhu Parasdya. 2017. Pengembangan Ebook pada Mata Pelajaran Akuntansi untuk Siswa X Akuntansi di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci media pembelajaran sigil akuntansi perusahaan jasa ADDIE Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Islam Batu sudah memadai. Sebagian siswa akuntansi di SMK Islam Batu juga sudah memiliki smartphone android. Namun tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran masih menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana yaitu berupa teks dan hanya disisipkan dengan beberapa gambar saja sehingga siswa sering merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sigil yang dapat dioperasikan pada smartphone untuk mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis) 2) Design (Perancangan) 3) Development (Pengembangan) 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi) namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi ahli media praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Islam Batu dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis sigil sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian 1) Ahli materi diperoleh total skor 72 dengan persentase 90% sehingga termasuk kategori Sangat Layak 2) Ahli media diperoleh total skor 75 dengan persentase 93 76% sehingga termasuk kategori Sangat Layak dan 3) Praktisi pembelajaran akuntansi total skor 73 dengan persentase 91 26% sehingga termasuk kategori Sangat Layak . Penilaian uji pengguna terbatas kepada 30 peserta didik mendapat total nilai 2082 dengan persentase 86 75% sehingga termasuk kategori Sangat Layak . Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis sigil ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis sigil ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal serta produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smarthphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35124

Actions (login required)

View Item View Item