Inziaji, Abrar (2013) Pengembangan buku ajar akuntansi dengan model siklus belajar (learning cycle( 5E untuk siswa SMA kelas XII SMAN 6 Malang / Abrar Inziaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Inziaji Abrar. 2013. Pengembangan Buku Ajar Akuntansi dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E untuk Siswa SMA Kelas XI SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd M.Ed. (2) Sawitri Dwi Prastiti SE M.Si Ak. Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Siklus Belajar 5E Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Paradigma pembelajaran saat ini mendorong siswa untuk secara aktif membangun pemahaman atas pengetahuan yang dipelajari. Penguasaan pendekatan konstruktivis oleh guru dalam pembelajaran di kelas menjadi suatu keharusan agar siswa mampu mengembangkan potensinya secara maksimal. Buku ajar akuntansi dengan model siklus belajar 5E merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan konstruktivis. Keberadaan Buku Ajar Akuntansi dengan model Siklus Belajar 5E sangat diperlukan di tengah-tengah kenyataan bahwa proses pembelajaran akuntansi yang berlangsung selama ini masih bersifat techer centered dan penggunaan media pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri masih kurang. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 6 Malang juga menunjukkan bahwa pembelajaran Akuntansi yang terjadi masih terbatas pada penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penggunaan LKS ini dirasa masih belum dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Hal ini berkaitan erat dengan penyajian materi maupun soal pada LKS yang masih bersifat literal dan konstruktivis serta kurang aplikatif dalam kehidupan siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Buku Ajar Akuntansi dengan model siklus belajar 5E untuk siswa SMA kelas XI SMAN 6 Malang. Kelas yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas XI IPS3. Pengembangan buku ajar ini dilaksanakan dengan menggunakan modifikasi model Thiagarajan. Tahap pengembangan dengan model Thiagarajan tersebut menggunakan empat tahapan atau yang dikenal dengan 4D (define design develop dan disseminate). Tahap define dilakukan untuk menganalisis situasi awal. Tahap design merupakan tahapan merancang perangkat pembelajaran. Tahap develop dilakukan dengan mulai mengembangkan dan menulis buku ajar memvalidasi buku ajar menguji coba hasil pengembangan merefleksi dan merevisi buku ajar. Tahap disseminate merupakan tahap penggunaan buku ajar pada skala yang luas. Akan tetapi tahap disseminate ini tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya penelitian. Hasil validasi Buku Ajar Akuntansi dengan model siklus belajar 5E yang dikembangkan menunjukkan rata-rata prosentase kelayakan sebesar 92 5% yang berarti memiliki kriteria sangat valid. Hal ini berarti bahwa buku ajar layak untuk digunakan. Buku ajar dengan model siklus belajar 5E disusun dengan cara mengarahkan cara berpikir siswa mulai dari hal yang sederhana ke arah yang lebih kompleks sehingga diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang materi yang dipelajari. Buku ajar ini telah diujicobakan pada lingkup terbatas dan perlu diujicobakan pada lingkup yang lebih luas lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35011 |
Actions (login required)
View Item |