Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Al-Yasini Wonorejo Kabupaten Pasuruan <BR>oleh Mohammad Nashir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Al-Yasini Wonorejo Kabupaten Pasuruan <BR>oleh Mohammad Nashir

Nashir, Mohammad (2003) Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Al-Yasini Wonorejo Kabupaten Pasuruan <BR>oleh Mohammad Nashir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar akuntansi adalah nilai yang mencerminkan penguasaan tohadap mata pelajaran akrurtansi setelah morempuh proses belajar yang diukur melalui suatu tes. Prestasi belajar yang dicapai siswa akan optimal apabila guru memahami metode pengajaran yang sesuai dengan materi pelajaan. Efektifitas stntu metodep engajarant ergantungp adam otivasi siswa dan saftna prasaranay ang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu alternatifmetode pengajaran akuntansi yaitu metode pemberian tugas melalui Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Pengajarand enganL embar Kegiatan Siswa adalahs uatuc ara penyampaianid e atau sagasank epadap esertad idik denganm enggunakanm edia LKS. IJ(S yang telah disusrm tersebut dibagikan kepada peserta didik untuk dipelajari sendiri atau berkelompokd engans edikit bantuang uru untuk mencapait ujuan pembelajaranO. leh karena itu metode ini sesuai dengan sifat mata pelajaran akuntansi dimana dalam mata pelajaran ini siswa dituntut untuk banyak berlatih agar mereka cepat mengerti dan termotivasi unhrk belalar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggmaan Irmbar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar siswa dalurt mata pelajwan akuntansid i MadrasahA liyah Al-Yasini Wonorejo KabupatenP astrruanB. erdasarkan tujuan tenebut maka metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Al-Yasini Wonorejo tahun pelajaran2 00212003S. ebagars ampelp enelitian diambil kelas I-A (kelompok konfrol) dan I-B (kelompok eksperimen)d anganm enggunakante knikpnrposive sample. Data prestasi belajar akuntansi diperoleh dengan cara memberi tes pada sampel setelah melewati masa perlakuan. Sebelum diberi tes sampel tersebut diuji kemampuan awalnya dengan caramelihat hasil DANEM SMP/IvfTs. Berdasarkan hasil perhitungan kedua kelas tersebut memptnryai kemampuan awal sama sebelum eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi kelas I-B MadrasahA liyah Al-Yasini Wonorejo yang diajar denganm enggunakanL KS lebih hnggr dari prestasi belajar akmtansi kelas I-A Madrasah Aliyah Al-Yasini Wonorejo yang diajar tanpam enggunakanL KS. IIasil ini berdasa an analisad ata yang di perolehb ahwat nit . e 2 901 ttuur 2 000. Dengand emikian dapatd isimpulkan bahwa adap engaruhp enggunaanL KS terhadapp restasib elqlar siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Artinya siswayang diberi LKS mempunyai prestasi belajar lebih tinggi dibandingkans iswa yang tanpa diberi LKS dalamm etodep engajararmyaH. al inir nenurjukkabna hwap engajaradne nganm enggunakamne toded anp endekatan yangb erbedam emungkinkamn emberikahna sily angb erbeda. Danh asilp enelitiadni saranka(nl ) Untukr nengataksei bosanagnu ruw aktu mengajadra nj uga untr km embangkitkanno tivasi danm uratb elajars iswa s e(a untukm encapaCi BSA m akam etodey angd igunakanh endalcryma enggunakan metodme engajadr enganm enggunakaLnK S (2) Mengingamt asiht erbatasnya tenagma engajarrn akap erluk iranyap ihakp engajamr emikirkaanp akahp embenan LKSt ersebupt erlud ikembangkadna lamp rosesb elajarm engajarm eskipunti dak mtuks etiapm atap elajaran( 3 ) Pesertad idik hendaknyma enjadikanL KS sebagai sebuakhe butuhaunn tukm eningkatkapnre stasbi elajark hususnyma atap elajaran akuntans(ai ) Olehk arenad alamp enelitiainn i penulish anyad apamt engadakan penelitiadni satut empatm akad iharapkand ari pihakl atnu nhrkm engadakan penelitiayna ngs ejenisd enganm angl ingkupd anw awasayna ngl ebihl u asg una menentukafank tor-faktorla in yangb erperand alamm eningka apnr estasbi elajar matap elaaj rana kunansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35000

Actions (login required)

View Item View Item