Mierrina (2023) Pengaruh pelatihan regulasi emosi dan kelekatan pada orang tua terhadap penyesuaian Sekolah dan perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama / Mierrina</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah (a) Apakah ada pengaruh pelatihan regulasi emosi terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (b) Apakah ada pengaruh kelekatan pada orang tua terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (c) Apakah ada pengaruh interaksi pelatihan regulasi emosi dan kelekatan pada orang tua terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (d) Apakah ada pengaruh pelatihan regulasi emosi terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama (e) Apakah ada pengaruh kelekatan pada orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama dan (f) Apakah ada pengaruh interaksi pelatihan regulasi emosi dan kelekatan pada orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama Subjek penelitian ini adalah adalah siswa SMP Islam Parlaungan Sidoarjo pada rentang usia remaja awal 12-15 tahun sejumlah 62 siswa yang dianggap layak diseleksi menggunakan instrumen Difficulties in Emotion Regulation Scale ndash Short Form (DERS-SF) dan The Adult Scale of Parental Attachment-Short Form. Kemudian dilakukan pengacakan (randomized) menjadi kelompok eksperimen 31 siswa dan kelompok kontrol 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain between subject factorial design dengan the pretest ndash posttest control group design. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Skala Penyesuaian Sekolah (School Adjustment Scale) dan Skala Prososialitas (Prosociality Scale). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis varians dua arah (two way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) ada pengaruh signifikan pelatihan regulasi emosi terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (b) ada pengaruh signifikan kelekatan pada orang tua terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (c) ada pengaruh signifikan interaksi pelatihan regulasi emosi dan kelekatan pada orang tua terhadap penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Pertama (d) ada pengaruh signifikan pelatihan regulasi emosi terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama (e) tidak ada pengaruh signifikan kelekatan pada orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama dan (f) tidak ada pengaruh interaksi pelatihan regulasi emosi dan kelekatan pada orang tua terhadap perilaku prososial siswa Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian ini memiliki implikasi secara teoritis kelekatan pada orang tua menjadi variabel penting bagi remaja utamanya akan memberikan kondisi aman (secure) yang membantu mereka dalam menyesuaikan diri dan berperilaku prososial. Siswa yang mendapatkan pelatihan regulasi emosi akan menunjukkan peningkatan pada kemampuan penyesuaian sekolah dan perilaku prososialnya. Selain itu pelatihan regulasi emosi ini memiliki implikasi positif bagi peningkatan penyesuaian sekolah dan perilaku prososial siswa siswa lebih memperhatikan instruksi guru lebih bersikap sopan kepada guru lebih meningkat keinginan untuk membantu dan berbagi dengan sesama teman atau orang yang dikenalnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |