Muntomimah, Siti (2023) Pengaruh permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan zone of proximal development terhadap perilaku moral Pancasila anak usia dini / Siti Muntomimah</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan anak usia dini merupakan fase yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan diajarkannya perilaku moral bagi anak usia dini diharapkan dapat merubah perilaku sehingga anak usia dini tumbuh dewasa menjadi pribadi yang bertanggung jawab menghargai sesamanya dan mampu menghadapi tantangan zaman yang cepat berubah. Bahwa untuk mencapai manusia Indonesia seutuhnya dibutuhkan moral manusia sesuai Pancasila. Filsafat manusia berbasis Pancasila mengarah pada pemahaman tentang hakekat manusia Indonesia yang berPancasila. Namun masih banyak guru yang belum menguasai dan memahami terkait implementasi pendekatan pembelajaran yang sesuai dan berorientasi pada peserta didik dimana menyebabkan peserta didik tidak dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Dengan demikian terkait dengan permasalahan rendahnya implementasi pendekatan pembelajaran yang sesuai peneliti menggunakan pendidikan pengembangan perilaku moral pada anak usia dini dengan menggunakan pendekatan Zone of Proximal Development (ZPD). Permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD ini terdiri dari permainan digital permainan Karnila dan permainan Neila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD terhadap perilaku moral Pancasila anak usia dini. Hipotesis penelitian yaitu ada perbedaan perilaku moral Pancasila anak usia dini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta ada pengaruh permainan berbasis nilai-nilai Pancasila dengan pendekatan ZPD untuk meningkatkan perilaku moral Pancasila anak usia dini. Dasar teori yang digunakan adalah teori moralitas dan teori ZPD oleh Vygotsky (1978). Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Sampel dan populasi pada penelitian ini berjumlah 61 peserta didik yaitu 30 peserta didik kelompok eksperimen dan 31 peserta didik kelompok kontrol ditentukan dengan randomisasi melalui lotre. Pelaksanaan pembelajaran perilaku moral anak usia dini dilakukan 5 kali selama 1 bulan. Metode pengumpulan data melalui prates dan paskates dimana pada saat prates dilaksanakan pengukuran perilaku moral Pancasila anak usia dini sebelum perlakuan dan pada saat paskates dilaksanakan pengukuran perilaku moral Pancasila setelah perlakuan yaitu pembelajaran perilaku moral Pancasila anak usia 5-6 tahun ldquo bermain bersama teman rdquo . Ketepatan penelitian diukur menggunakan validitas isi dan validitas konstruk validitas isi melibatkan ahli Pancasila ahli anak usia dini ahli bahasa ahli teknologi Pembelajaran ahli Psikologi. Selain itu validitas konstruk dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) menghasilkan nilai alpha- vi cronbach diantara 0 74-0 95 dengan nilai goodness of fit GFI sebesar 0 908 AGFI sebesar 0 788 CFI sebesar 0 990 dan TLI sebesar 0 980 serta RMSEA sebesar 0 073. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yakni uji statistik deskriptif dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD terhadap perilaku moral Pancasila anak usia dini. Kemampuan perilaku moral Pancasila anak usia dini mengalami kenaikan antara sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Hasil peningkatan kemampuan perilaku moral Pancasila anak usia dini tergolong pada kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa perlakuan permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan efektif dalam membantu guru menyampaikan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan perilaku moral Pancasila anak usia dini. Berdasarkan temuan di atas dikemukakan saran-saran (1) Dalam memperluas dan mendalami keefektifan pengaruh permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD terhadap perilaku moral Pancasila anak usia dini penelitian selanjutnya bisa mengembangkan penelitian untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dalam program yang lain. (2) Bagi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan program ini dapat dijadikan panduan dalam memberikan materi pada tema Aku Cinta Indonesia dipembelajaran PAUD/TK. (3) Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diharapkan mampu menerapkan permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD terhadap perilaku moral Pancasila anak usia dini. (4) Kartu moral Pancasila digunakan sebagai media edukasi untuk mengintervensi permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD dengan tema Aku Cinta Indonesia dalam mengajarkan perilaku moral Pancasila anak usia dini. (5) Dalam permainan berbasis nilai-nilai Pancasila berpendekatan ZPD guru dapat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. (6) Lembaga PAUD/TK dapat menggunakan modul pembelajaran sebagai buku pendamping pada tema Aku Cinta Indonesia untuk mencapai kompetensi dasar (KD) peserta didik mengenal nilai nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/349708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |