Pengaruh gaya mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang / Anisa Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang / Anisa Rachmawati

Rachmawati, Anisa (2018) Pengaruh gaya mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang / Anisa Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati Anisa. 2018. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd M.SA. (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M Kata Kunci gaya mengajar hasil belajar Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara dua unsur yaitu siswa yang sedang belajar dan guru yang sedang mengajar. Guru memiliki perilaku yang khas yang ditampilkan ketika berada di dalam kelas secara konsisten. Agar proses pembelajaran tercapai dengan baik tentu gaya mengajar guru harus sesuai dengan kondisi yang ada sebab salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah guru. Namun saat ini masih banyak guru yang menggunakan gaya mengajar kurang sesuai sehingga hasil belajar siswa juga kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan gaya mengajar guru akuntansi SMA dan SMK di Kota Malang dan (2) pengaruh gaya mengajar guru akuntansi terhadap hasil belajar siswa SMA dan SMK di Kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru akuntansi SMA dan SMK di Kota Malang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif uji beda Independent sample t-test dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan gaya mengajar guru akuntansi SMA dan SMK guru SMA lebih dominan menggunakan student centered dan guru SMK menggunakan teacher centered dan (2) gaya mengajar guru akuntansi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 12 6%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru akuntansi di SMK menggunakan gaya mengajar student centered sehingga hasil belajar siswa semakin baik seperti di SMA. Selain itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel lain dalam penelitian selain gaya mengajar serta penelitian ini dapat dijadikan penelitian populasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item