Pengaruh model problem posing dan gaya berpikir kritis-kreatif terhadap prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi / Meiliana Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem posing dan gaya berpikir kritis-kreatif terhadap prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi / Meiliana Puspitasari

Puspitasari, Meiliana (2018) Pengaruh model problem posing dan gaya berpikir kritis-kreatif terhadap prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi / Meiliana Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Meiliana. 2017. Pengaruh Model Problem Posing dan Gaya Berpikir Kritis-kreatif Terhadap Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Akuntansi. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Problem Posing Gaya Berpikir Kritis-kreatif Prestasi Belajar. Model pembelajaran Problem Posing menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang lebih efektif dan efisien untuk mengembangkan gaya berpikir kritis-kreatif siswa dengan memancing siswa untuk berlatih membuat soal dan solusi-solusi pemecahan soal tersebut. Model pembelajaran ini membiasakan siswa untuk latiahan soal dan pemecehan soal mandiri dari suatu materi yang sebelumnya tidak diketahui sehingga memungkinkan siswa untuk mengingat materi lebih lama karena pengetahuan yang diperoleh berdasarkan pembuatan berbagai soal dan memecahkan soal tersebut baik secara individu maupun kelompok. Dengan siswa mengetahui gaya berpikir yang mereka miliki maka penggunaan model pembelajaran yang tepat yaitu Problem Posing mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh positif penggunaan model Problem Posing terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh positif penggunaan gaya kritis-kreatif terhadap prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh interaksi antara model Problem Posing dan gaya berpikir kritiskreatif terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelompok XI AK 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional sedangkan kelas XI AK 1 diberikan perlakuan model Problem Posing . Pengumpulan data gaya berpikir kritis-kreatif dengan menggunakan soal tes gaya berpikir kritis-kreatif Yanpiaw yang diberikan kepada siswa diawal sedangkan prestasi belajar dengan menggunakan tes berupa soal posttest. Analisis data menggunakan uji two way ANOVA dengan bantuan program SPSS Versi 19 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Problem Posing berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (2) Gaya berpikir kritis-kreatif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan (3) terdapat interaksi model Problem Posing dan gaya berpikir kritis seimbang maupun kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan penggunaan model Problem Posing dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif model pembelajaran lain selain model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini dapat mengembangkan gaya berpikir kritis-kreatif yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34955

Actions (login required)

View Item View Item