Pengaruh infusi metakognitif dalam problem based learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, argumentasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA / Angsoka Dwipayana Marthaliakirana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh infusi metakognitif dalam problem based learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, argumentasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA / Angsoka Dwipayana Marthaliakirana</p>

Marthaliakirana, Angsoka Dwipayana (2022) Pengaruh infusi metakognitif dalam problem based learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, argumentasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA / Angsoka Dwipayana Marthaliakirana</p>. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marthaliakirana Angsoka D. 2022. Pengaruh Infusi Metakognitif dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif berpikir kritis argumentasi dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Disertasi Program Doktor Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hadi Suwono M. Si (II) Prof. Dr. Abdul Gofur M. Si. Kata Kunci Metakognitif PBL kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis kemampuan argumentasi dan hasil belajar kognitif. Pendidikan sains di abad 21 menekankan pentingnya mengembangkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis kemampuan argumentasi dan hasil belajar kognitif siswa terutama berkaitan dengan isu-isu sosio ilmiah yang dapat diterapkan pada mata pelajaran apapun termasuk Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metakognitif yang diinfusikan ke dalam model pembelajaran Problem Based Learning (MPBL) terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis kemampuan argumentasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan quasi-experimental design dengan pretest-posttest non-equivalent control group. Peserta yang digunakan sebagai sample penelitian adalah siswa kelas XI MIPA berjumlah 121 siswa. Penelitian ini menganalisis kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis kemampuan argumentasi dan hasil belajar kognitif siswa pada MPBL dibandingkan dengan kelas PBL dan kelas konvensional. Hasil penelitian mennjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Biologi pada kelas MPBL memiliki kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis kemampuan argumentasi dan hasil belajar siswa lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelas PBL dan kelas konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/349538

Actions (login required)

View Item View Item