Anggraini, Sherly Maya (2012) Penaksiran nilai aset SMP Muhammadiyah 4 Singosari / Sherly Maya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci taksiran nilai aset sekolah aktiva. Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi yang sangat penting dan memiliki pengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Dikatakan sangat penting karena lebih dekat dan berhubungan langsung dengan pelaksanaan program sekolah. Terlaksana atau tidaknya suatu program dan tujuan pendidikan tergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah selaku pemimpin pendidikan. Tanggung jawab kepala sekolah tidak hanya sebatas kelancaran jalannya sekolah secara teknis-akademis saja akan tetapi juga menyangkut material/sarana-prasarana. Demikian banyak dan kompleksnya sumber daya sekolah yang harus dibina kepala sekolah sehingga kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dalam merencanakan dan memelihara aset sekolah. Agar aset yang dimiliki sekolah dapat terkelola maka perlu diadakan penilaian aset setiap tahun secara teratur. Penilaian dilakukan sebagai wujud pelaporan dan transparansi aset sekolah/yayasan berdasarkan UU Yayasan Nomor 16 Tahun 2001. Selain itu dapat melihat seberapa besar keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin sekolah khususnya untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Informasi ini dapat membantu meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam hal pengelolaan aset yang dimiliki dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui taksiran nilai aset yang dimiliki SMP Muhammadiyah 4 Singosari dengan rincian (1) Mengidentifikasi dan mengelompokkan jenis aset yang dimiliki SMP Muhammadiyah 4 Singosari sampai dengan Tahun Buku 2011 (2) Menghitung jumlah nilai aset yang dimiliki SMP Muhammadiyah 4 Singosari sampai dengan Tahun Buku 2011 (3) Menghitung taksiran nilai aset SMP Muhammadiyah 4 Singosari sampai dengan Tahun Buku 2016. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi metode dokumentasi dan metode wawancara. Objek penelitian ini adalah SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan mendata semua aktiva yang dimiliki sekolah menghitung nilai perolehan yang kemudian dikurangi penyusutan selanjutnya menaksir nilai aktiva. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kategorisasi aset yang dimiliki SMP Muhammadiyah 4 Singosari sampai dengan Tahun Buku 2011 berupa aktiva lancar aktiva tetap dan aktiva tak berwujud (2) Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui taksiran nilai aset yang dimiliki oleh SMP Muhammadiyah 4 Singosari sampai dengan Tahun Buku 2011 adalah senilai Rp 1.352.206.973 73 (3) Nilai aset yang dimiliki SMP Muhammadiyah 4 Singosari dalam kurun waktu 5 tahun yang akan datang adalah sebagai berikut. Pada tahun pertama yaitu tahun 2012 aset yang dimiliki sekolah ditaksir sebesar Rp ii 1.294.286.022 67 tahun kedua yaitu tahun 2013 ditaksir sebesar Rp 1.253.328.042 77 tahun ketiga yaitu tahun 2014 ditaksir sebesar Rp 1.221.714.832 33 tahun keempat yaitu tahun 2015 ditaksir sebesar Rp 1.196.297.344 06 dan tahun kelima yaitu tahun 2016 ditaksir sebesar Rp 1.175.313.366 27. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) Sekolah harus memiliki manajemen sekolah yang teratur dan melakukan penaksiran aset sekolah secara periodik (2) Agar aset sekolah tetap terjaga keseimbangannya maka kepala sekolah perlu mengoptimalkan pendayagunaan aset dan (3) Perlu adanya pengembangan model-model penaksiran aset secara elektronik-automatis yang nantinya dapat memudahkan sekolah untuk melakukan perhitungan sendiri. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Pimpinan Cabang Muhammadiyah khususnya Majelis Pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Malang hendaknya hasil penelitian ini digunakan sebagai sarana untuk mengetahui jumlah aset/kekayaan yang dimiliki sekolah dan membantu dalam perhitungan nilai kekayaan sekolah (2) Kepala Sekolah perlu meningkatkan pengelolaan aset untuk menjaga keseimbangan aset sekolah (3) Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat mengembangkan model-model dalam penaksiran aset dan (4) Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan model-model instrumen penaksiran nilai aset untuk dapat digunakan sebagai sarana penelitian aset pada sekolah lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3490 |
Actions (login required)
View Item |