Pengembangan media quiz online pada mata pelajaran animasi materi pipeline animasi 3d untuk meningkatkan keterlibatan siswa / Devaga Betayoka</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media quiz online pada mata pelajaran animasi materi pipeline animasi 3d untuk meningkatkan keterlibatan siswa / Devaga Betayoka</p>

Betayoka, Devaga (2023) Pengembangan media quiz online pada mata pelajaran animasi materi pipeline animasi 3d untuk meningkatkan keterlibatan siswa / Devaga Betayoka</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Betayoka Devaga. 2023. Pengembangan media quiz online pada mata pelajaran animasi materi pipeline animasi 3D untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Tesis Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Online Media Quiz Pipeline 3D student engagement. Penelitian ini dilatarbelakangi keterlibatan siswa dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran teori masih membutuhkan media pembelajaran yang lain guna menambah variasi dalam kegiatan pembelajaran. Penulis menemukan solusi yaitu adanya tambahan variasi media pembelajaran agar bisa meningkatkan Keterlibatan siswa terhadap pembelajaran teori. Penulis menggunakan Media Quiz Online sebagai media yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran yang akan digunakan dikelas. Model dan pengembangan ini menggunakan metode prosedural. Model ini menggambarkan proses atau langkah-langkah prosedural yang harus dijalani untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Langkah-langkah model prosedural perlu dijalani secara sistematis dari awal hingga akhir untuk menciptakan produk dan menguji kelayakan serta melibatkan siswa. Penelitian pengembangan ini akan mengadopsi dari pendekatan Robert Maribe Branch dengan metode ADDIE. Proses ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Penerapan bertahap model ADDIE akan disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan media yang sedang dikembangkan. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 96.6% dengan kategori layak validasi ahli media diperoleh persentase 98 7 % dengan kategori layak ujicoba kelompok kecil diperoleh Pada uji coba kelompok kecil Dilakukan dengan Focuss Group Discussion kepada siswa dan menunjukan respon positif terhadap media quiz pengujian produk diperoleh persentase 87 34 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media layak dan efektif digunakan untuk meningkatan keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348485

Actions (login required)

View Item View Item