Pengaruh pembelajaran yang menggunakan aktivitas marker-based AR terhadap kemampuan listening dan speaking siswa / Ni&rsquo;matul Izza</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran yang menggunakan aktivitas marker-based AR terhadap kemampuan listening dan speaking siswa / Ni&rsquo;matul Izza</p>

Izza, Ni’matul (2024) Pengaruh pembelajaran yang menggunakan aktivitas marker-based AR terhadap kemampuan listening dan speaking siswa / Ni&rsquo;matul Izza</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini anak-anak pada sekolah tingkat dasar hidup berdampingan dengan lingkungan digital. Penambahan teknologi AR berbasis marker pada proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas bahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembelajaran menggunakan aktivitas AR berbasis marker terhadap keterampilan mendengar dan berbicara siswa serta mengevaluasi keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan AR berbasis marker. Dengan menggunakan pretest dan posttest penelitian ini secara kuantitatif menilai keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 3 SD Islam al-Marif 02 Singosari. Dengan tiga puluh siswa di kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan tiga puluh siswa di kelas 3B sebagai kelas kontrol teknik pengambilan purposive sampling digunakan. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap instrumen tes sebelum dapat digunakan. Selanjutnya analisis deskriptif dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan marker-based AR berdampak pada keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa. Selain itu temuan ini menunjukkan korelasi positif antara penggunaan konten bahasa Inggris dan peningkatan pemahaman dan retensi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa AR berbasis marker dapat menjadi media pembelajaran yang berguna dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348482

Actions (login required)

View Item View Item