Pengembangan strategi Digital Research Based Learning (D-RBL) terhadap pengetahuan prosedural dan keterampilan kolaborasi / Dian Olifia Talaksoru</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi Digital Research Based Learning (D-RBL) terhadap pengetahuan prosedural dan keterampilan kolaborasi / Dian Olifia Talaksoru</p>

Talaksoru, Dian Olifia (2024) Pengembangan strategi Digital Research Based Learning (D-RBL) terhadap pengetahuan prosedural dan keterampilan kolaborasi / Dian Olifia Talaksoru</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Strategi Digital Research Based Learning Pada mata kuliah Media Pembelajaran bagi pebelajar S1 Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini menggabungkan konsep research based learning dengan flipped classroom. Hasil menunjukkan bahwa strategi Digital Research Based Learning berhasil dikembangkan beserta komponen pendukungnya menggunakan model Dick and Carey Carey (2015) melalui 10 Tahapan sistematis. Sintaks pembelajaran menggunakan Strategi Digital Research Based Learning yaitu Fase Pra -class (out of class) Fase In-class dan Fase Post-class (out of class). Pada fase out of class terdapat pemberian motivasi pemberian instruksi pembelajaran pembelajaran lanjutan dan evaluasi pembelajaran dan pada fase in class terdapat sintaks pembelajaran berbasis riset. Kevalidan produk didasarkan pada evaluasi formatif meliputi hasil validitas desain pembelajaran (84 16 %) materi (87 5%) dan instrumen hasil belajar (93 18%). Semua komponen pembelajaran menggunakan strategi digital research based learning memperoleh validitas yang sangat tinggi sehingga layak diimplementasikan. Penelitian ini dilakukan pada Program studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura dengan 63 mahasiswa sebagai subjek uji coba. Strategi Digital Research Based Learning efektif menunjukkan pengetahuan prosedural dan keterampilan kolaborasi. Pengetahuan prosedural terlihat dari mahasiswa berhasil mengembangkan media pembelajaran melalui prosedur penelitian dan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran. Sedangkan keterampilan kolaborasi terlihat dari collaborative teamwork dalam menyelesaikan pengembangan media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Digital Research Based Learning untuk mata kuliah media pembelajaran berhasil dikembangkan serta efektif untuk melihat pengetahuan prosedural dan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348479

Actions (login required)

View Item View Item