Listyoningrum, Yuanita Dwi (2012) Hubungan manajemen pembelajaran dan kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) kota Malang / Yuanita Dwi Listyoningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen pembelajaran kompetensi mengajar guru prestasi belajar siswa Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan dilaksanakan agar manusia dapat melakukan perubahan kemampuan ke arah yang lebih baik agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Salah satu tujuan pendidikan adalah dengan meningkatkan prestasi belajar siswa. Pencapaian tujuan dan keberhasilan sekolah perlu menerapkan pembelajaran yang baik. Suatu pembelajaran diperlukan suatu manajemen yang baik agar pelaksanaannya berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Manajemen pembelajaran yang baik akan berdampak pada keberhasilan suatu sekolah. Selain manajemen pembelajaran peningkatan prestasi belajar siswa membutuhkan peran kompetensi mengajar guru sebagai seorang pendidik. Seorang guru harus memiliki kompetensi mengajar yang baik agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan manajemen pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMPN Kota Malang (2) hubungan antara kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa SMPN Kota Malang (3) hubungan antara manajemen pembelajaran dan kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa SMPN Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMPN Kota Malang yang menggunakan pembelajaran sistem moving class (SMPN 1 Malang SMPN 6 Malang dan SMPN 8 Malang) dengan populasi guru di SMPN Kota Malang yang berjumlah 161 orang dan yang menjadi sampelnya berjumlah 113 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji realibilitas korelasi dan regresi berganda untuk analisis hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen pembelajaran dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0 812 rtabel 0 185 dan nilai rsquare 65 9% (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa dengan nilai rhitung 0 998 rtabel 0 185 dan nilai rsquare 99 6% serta (3) terdapat hubungan v yang signifikan antara manajemen pembelajaran dan kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung 14480 Ftabel 3 079. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen pembelajaran dengan prestasi belajar siswa (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen pembelajaran dan kompetensi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa. Saran yang diberikan terkait dengan hasil penelitian ini yaitu (1) bagi kepala SMPN Kota Malang sebagai pemimpin sekolah kepala sekolah sebaiknya juga bisa memberikan program/kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran dan kompetensi mengajar guru SMPN Kota Malang (2) bagi guru SMPN Kota Malang penting bagi guru untuk memperhatikan manajemen pembelajaran dengan baik dan guru juga sebaiknya lebih meningkatkan kompetensinya dalam mengajar untuk kepentingan diri sendiri dan siswa agar pembelajaran berjalan sesuai dengan kebutuhan (3) bagi Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran kompetensi mengajar guru dan prestasi belajar siswa serta selanjutnya diharapkan aka nada pengembangan terhadap penelitian ini (4) bagi peneliti lain sebaiknya melakukan pengembangan penelitian dengan menambah variabel menggunakan subjek lain serta memperkaya teori-teori yang digunakan dalam penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3482 |
Actions (login required)
View Item |