Safitri, Aguslia (2024) Penerapan model talking stick untuk meningkatkan kemampuan bertanya materi struktur tumbuhan pada siswa Kelas IV UPT SD Negeri Pojok 02 / Aguslia Safitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Safitri Aguslia. 2024. Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Materi Struktur Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri Pojok 02. Program Studi Pendidikan Dasar. Sekolah Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Zainuddin M.Pd. (II) Dr. Riska Pristiani S.Pd M.Pd. Kata Kunci Talking Stick Kemampuan Bertanya Struktur Tumbuhan Kurikulum Merdeka berusaha untuk membentuk siswa yang tangguh mandiri dan kreatif melalui pendekatan yang lebih terbuka dan inklusif. Dalam hal ini kurikulum sangat penting untuk keberhasilan pendidikan jadi pemerintah harus menyesuaikannya dengan perubahan zaman. Kurikulum merdeka yang merupakan gagasan bahwa pendidikan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan kapasitas dan pengetahuan mereka sendiri. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam bertanya yaitu (1) Faktor pribadi anak antara lain malu sama bu guru takut dianggap bodoh atau ditertawakan teman/guru bingung mau bertanya apa takut jika di suruh maju ke depan mengerjakan soal takut jika disuruh menjelaskan ulang materi yang baru saja disampaikan guru perasaan takut dikira tidak membaca materi atau tidak mendengarkan materi yang disampaikan guru tidak sempat belajar materi tersebut pelajaran terlalu sulit. (2) Faktor teman antara lain malu dengan teman dikira tidak bisa takut jika di tertawakan teman teman tidak ada yang bertanya jika bertanya pasti akan dilihat semua teman sekelas teman yang lain terlihat sudah sangat paham dengan materi yang diajarkan. ( 3 ) Faktor lingkungan atau perilaku guru antara laintidak ada yang bertanya jika diberi kesempatan bertanya oleh guru takut dikira tidak pandai atau tidak mengerti materi yang diajarkan susana kelas yang ramai atau tenang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek dari penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Pojok 2 Garum Blitar. Jumlah siswa yatu 15 siswa. Keadaan sosial yaitu siswa masih takut untuk bertanya sulit untuk mengemukakan pendapatnya di kelas saat materi struktur tumbuhan. Dikarenakan kurangnya minat siswa dalam bertanya maka peneliti ingin menggunakan model talking stick dalam materi struktur tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran struktur tumbuhan. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model talking stick terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan bertanya materi struktur tumbuhan pada siswa kelas 4 UPT SD Negeri Pojok 02 Kec Garum Kab Blitar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari pra-tes ke pasca-tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model talking stick dapat meningkatkan kemampuan bertanya pada siswa. Terdapat 6 aspek yang dinilai dari kemampuan bertanya siswa yaitu konten pertanyaan performansi nonverbal suara pengungkapan verbal atau redaksi kalimat Kategori pertanyaan dan sikap. Pada siklus I presentase rata-rata ketuntasan sebesar 41 07% sedangkan pada siklus II naik mencapai 83 03%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |