Pengembangan model pembelajaran saintifik pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Mirza Rahmadany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran saintifik pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Mirza Rahmadany

Rahmadany. Mirza (2016) Pengembangan model pembelajaran saintifik pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Mirza Rahmadany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadany Mirza. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang untuk Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E. Ak. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Saintifik Akuntansi Problem Based Learning Project Based Learning Pendidik harus berupaya dalam mengatur dan memberdayakan berbagai variabel pembelajaran seperti lingkungan belajar yang terdiri dari interaksi pendidik dengan peserta didik antar peserta didik alat bahan ajar dan sumber belajar guna mendukung keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Perancangan pembelajaran hendaknya dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan cara menentukan metode strategi dan pendekatan dalam mendesain model pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan jumlah peserta didik dan perkembangan peserta didik.Permasalahan yang timbul dari proses pembelajaran di kelas diantaranya pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan penerapan model pembelajaran yang belum efektif. Kurang matangnya perencanaan guru dalam mendesain pembelajaran menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Subjek coba penelitian ini adalah guru mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang serta siswa kelas XI AK 3 dan XI AK 4 yang masing-masing berjumlah 36 dan 31 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan deskriptif persentase. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 84 38% 75% dari ahli materi 77 26% dari ahli pengembangan bahan ajar serta dari pengguna yaitu guru 75% dan siswa sebesar 82 29%. Rata-rata persentase keseluruhan sebesar 79 79%untuk model pembelajaran 75% untuk materi pembelajaran yang terdapat dalam buku guru dan siswa serta 77 26% untuk buku siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang terdiri dari buku guru dan siswa yang dikembangkan layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran pengembangan produk lebih lanjut (1) Model pembelajaran ini masih digunakan hanya di satu mata pelajaran dan satu sekolah. Pengembangan selanjutnya dapat menggunakan materi atau pelajaran lain dan sekolah lainnya. (2) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran dengan konsep yang lain (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji efektifitas model pembelajaran saintifik dan membandingkan model pembelajaran ini dengan model pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34814

Actions (login required)

View Item View Item