Naana, Tesya Mahdaniya Ode (2024) Kontribusi profil pelajar Pancasila dan prestasi belajar matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Islam Terpadu Ahmad Yani Malang / Tesya Mahdaniya Ode Naana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah variabel profil pelajar pancasila dan variabel prestasi belajar matematika berkontribusi pada kemampuan berpikir kritis siswa di SD Islam Terpadu Ahmad Yani Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan angket dan dokumen berupa nilai matamatika pada siswa SDIT Ahmad Yani. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDIT Ahmad Yani Malang yakni 127 siswa sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan probabilitas sampling dengan teknik acak berstrata penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kontribusi secara simultan dari variabel profil pelajar pancasila (X 1 ) dan prestasi belajar matematika (X 2 ) terhadap variabel kemapuan berpikir kritis siswa (Y) dengan sig 0.00 lt 0 05 dan r square 0 241 atau 24.1% sedangan secara parsial variabel profil pelajar pancasila (X 1 ) terbukti secara signifikan memberikan kontribusi terhadap kemapuan berpikir kritis siswa (Y) dengan sig 0.00 lt 0.05 dan variabel prestasi belajar matematika (X 2 ) terbukti secara signifikan memberikan kontribusi terhadap kemapuan berpikir kritis siswa (Y) dengan sig 0 035 lt 0 05. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa profil siswa pancasila dan prestasi belajar matematika memiliki kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDIT Ahmad Yani Malang dan variabel profil pancasila lebih besar memberikan kontribusi jika dibandingkan dengan prestasi belajar matematika terkait dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran terkait penelitian mendatang dapat melakukan penelitian yang komprehensif dan kolaborasi antar peneliti di berbagai sekolah untuk data yang lebih luas. Bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis disarankan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang dapat mengembangkan profil pelajar pancasila selain itu melalui latihan matematika. Guru sebaiknya mengintegrasikan nilai-nilai pancasila ke dalam pembelajaran dan menggunakan metode proyek untuk mendorong pemikiran kritis. Sekolah diharapkan mendukung implementasi profil pelajar pancasila melalui peningkatan sarana fasilitas dan pelatihan untuk tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |